Walikota Fadly Amran Terima Penghargaan Smart Environment dari Citiasia Inc - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Selasa, 06 Oktober 2020

Walikota Fadly Amran Terima Penghargaan Smart Environment dari Citiasia Inc

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kota Padang Panjang kembali dianugerahi satu penghargaan bergengsi tingkat Nasional, Indonesia Smart Nation Award (ISNA) dengan kategori Smart Environment dari Citiasia Inc. Penghargaan diterima  langsung secara virtual oleh Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, atas Inovasi Pemanfaatan Limbah Serai Wangi sebagai bahan pembuatan Disinfektan, Senin (05/10/2020).

Turut hadir menyaksikan, Kepala Dinas Koperindag dan UKM, Arpan, SH, Kepala Dinas Kominfo, Ampera Salim SH. M. Si. dan Kabag Perekonomian, Putra Dewangga.

Walikota Fadly Amran berharap dengan diterimanya penghargaan ini, Kota Padang Panjang akan semakin memacu inovasi, gagasan yang baru dalam hal penanganan Covid-19 khususnya di Kota Padang Panjang.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag dan UKM menjelaskan Inovasi pemanfaatan limbah serai wangi sebagai bahan pembuatan disinfektan merupakan hasil kerjasama Dinas Perindag Provinsi Sumbar dengan Dinas Perdagangan dan UKM Kota Padang Panjang.

"Selain dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 hal ini juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan khususnya di kawasan pasar pusat Padang Panjang," katanya.

Penyulingan Komoditi Serai Wangi atau ASIRI sendiri mengandung air sisa uap penyulingan yang disebut dengan Hidrosol.

loading...
"Selama ini Hidrosol cuma dibuang saja. Namun dari hasil penelitian yang telah dilakukan Hidrosol mengandung senyawa sitronelol dan geraniol dimana kandungan tersebut bermanfaat sebagai anti bakteri. Dengan kata lain menyemprotkan Hidrosol di kawasan pasar pusat Padang Panjang maka akan dapat membunuh virus serta bakteri yang ada, sekaligus menjadikan pasar ramah lingkungan dan wangi," jelasnya.

#GP | DF | KI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS