KOREM 172/PWY AJAK MASYARAKAT IKUT SERTA CEGAH KONFLIK SOSIAL DI PAPUA - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOREM 172/PWY AJAK MASYARAKAT IKUT SERTA CEGAH KONFLIK SOSIAL DI PAPUA

Kamis, Oktober 15, 2020


Abepura(PAPUA).GP– Dalam rangka mengantisipasi terjadinya konflik sosial di Provinsi Papua, seperti kejadian-kejadian yang telah terjadi sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya keberagaman masyarakat baik suku, agama dan ras yang ada di Bumi Cenderawasih.

Demi menghindari dan mencegah terjadinya konflik sosial tersebut, TNI dari Korem 172/PWY terus melaksanakan berbagai upaya dengan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam upaya pencegahan konflik sosial dengan memberikan Pembinaan Komunikasi AGHT (Pembinaan Komunikasi Ancaman, Gangguan, Hambatan, Tantangan) kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah Korem 172/PWY, bertempat di Makorem 172/PWY, Rabu (14/10).

Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Kolonel Inf Achmad Fauzi mewakili Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Brigjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan bahwa bangsa Indonesia pada akhir-akhir ini sedang dihadapkan berbagai ujian dan tantangan baik itu yang berhubungan dengan pandemi Covid-19 maupun persoalan lainnya yang berpotensi munculnya konflik sosial ditengah masyarakat begitu pula di Papua hal ini sangat mungkin terjadi.

Menurutnya, konflik sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Konflik sosial dipicu adanya perbedaan baik perbedaan kepentingan, kebudayaan maupun perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat yang mengakibatkan goyahnya norma dan nilai-nilai sosial.

“Menilik hal tersebut, dengan kegiatan ini diharapkan segenap komponen masyarakat dapat mencegah ancaman konflik sosial tersebut secara bersama-sama, bahu membahu memperkuat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa", kata Kasrem.

Kasrem juga menghimbau kepada segenap peserta agar melakukan upaya-upaya seoptimal mungkin untuk memberikan kesadaran masyarakat dilingkungannya agar tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Pembinaan Komunikasi AGHT tersebut dipimpin oleh ketua Tim Sintelad Kolonel Arh R. Edi Setiawan dan selaku pemateri Ketua Pemuda Adat Papua Yan Cristian Arebo, S.H., M.H.

"Saya selaku ketua pemuda adat Papua berpesan, jangan sampai kita dipecah belah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, tetap jaga persatuan dan kesatuan untuk keutuhan bangsa Indonesia tercinta ini", ujar Yan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai perwakilan elemen masyarakat yang ada di jajaran Korem 172/PWY.


Penrem172

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS