MASYARAKAT DESA LALUHE KEC. NANUSA BERSAMA TNI MELAKSANAKAN KEGIATAN ACARA ADAT "MADDOMAN"


Talaud(SULUT).GP- Bertempat di aula BPM Desa Laluhe, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Laluhe, Danpos AL dan Danpos AD menghadiri undangan acara Adat Maddoman atau berdo'a bersama dalam rangka mensyukuri hasil panen (Komoditi Cengkeh) yang di selenggarakan oleh Kepala Desa Laluhe, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Senin (31/8).


loading...
Memang beberapa bulan ini di wilayah Kec. Nanusa umumnya dan Desa Laluhe khususnya, telah berlangsung kegiatan memetik serentak hasil kebun dalam hal ini komoditi Cengkeh oleh warga masyarakat Desa Laluhe.

Dalam kegiatan pemetikan Cengkeh serentak tersebut, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Laluhe mempunyai peran dan aktif membantu warga yang membutuhkan tenaga. Babinsa Laluhe disamping tugasnya sehari-hari, menyempatkan diri bersama Babinkamtibmas untuk membantu kesulitan masyarakat diwilayah binaan.

Contohnya, memfasilitasi dan koordinasi dengan perangkat Desa Laluhe tentang sarana transportasi dan prasarana lainnya dalam proses kegiatan membawa hasil panen dari kebun ke rumah warga.


"Ini adalah salah satu konstribusi Babinsa dan Babinkamtibmas Laluhe dalam membantu masyarakat diwilayah binaannya. Dengan begitu sebagian besar warga masyarakat termotivasi, bersemangat dan berterimakasih serta mengucap syukur atas peran dab kehadiran Babinsa dan Babinkamtibmas di Desa Laluhe," ucapnya.

Dalam acara ritual adat Maddoman tersebut, Kades Laluhe, Ruddy Tamarengki, mengucapkan terimakasih yg tak terhingga kepada Babinsa dan Babinkamtibmas Laluhe atas bantuan tenaga, memberikan semangat dan memotivasi kepada warganya dalam kegiatan panen serentak di wilayah Desa Laluhe.

Disela-sela acara ritual adat Maddoman tersebut, Babinsa Serda Sonni Maro mengatakan, sudah menjadi kewajiban dalam membantu masyarakat diwilayah binaannya, karena selama menjabat dan selama membina masyarakat diwilayah tidak pernah penemui kendala. Masyarakat umumnya menerima arahan dan binaan dari saya, ungkap Babinsa Laluhe, Serda Sonni Maro.

Dilain tempat, Danramil 06 Nanusa, Letda Inf Daud Tinuwo tidak dapat memenuhi undangan karena kondisi laut tidak bersahabat mengatakan, cukup puas atas informasi yang dilaporkan Babinsa Laluhe atas pelaksanaan kegiatan ritual adat Maddoman tersebut.

Kemudian Danramil memberikan arahan kepada Babinsa agar tidak mengabaikan Protokol Kesehatan dalam kegiatan tersebut karena situasi masih dalam era pendemi Covid-19.

"Sebelum acara ritual adat Maddoman dilaksnakan, Babinsa dan Babinkamtibmas Laluhe telah mengedukasi warga berupa himbauan agar mematuhi Protokol Kesehatan," respon Babinsa Serda Sonni Maro.

#GP | Red.

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS