JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.goparlement.com/p/goparlement.html
INTERNASIONAL Klik!
https://www.goparlement.com/p/blog-page.html
INDONESIA Klik!
https://www.goparlement.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang_30.html
SUMATERA BARAT Klik!
https://www.goparlement.com/p/informasi-covid-19-di-padang_14.html
PADANG Klik!

Mengenal Sosok Masril, Petani Jahe Merah dari Desa Lumindai Kota Sawahlunto

Sawahlunto(SUMBAR).GP-Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH berharap kepada dinas terkait untuk turut membantu para petani jahe merah dengan cara membimbingnya mengolah lahan hingga cara pengolahan jahe merah lebih lanjut untuk dijadikan berbagai produk serta tata cara pemasarannya setelah panen nanti.


Deri Asta lebih jauh menyatakan, "kita akan memberikan perhatian khusus kepada kegiatan  pertanian,  khususnya para petani jahe merah. Karena dengan kondisi saat ini,  dapat menumbuh-kembangkannya akan mampu nantinya  membantu ekonomi keluarga," urai walikota saat perbincangannya dengan awak media  Rabu siang (26/8).

Hal ini, berangkat dari potensi yang ada sekarang ini di tengah masyarakat Sawahlunto. Seperti yang telah dilakukan oleh Masril (50), salah seorang warga Desa Lumindai, sekitar lima (5) bulan yang lalu. Dan saat ini, tidak kurang dari 1000 rumpun jahe merahnya sudah tumbuh dengan subur pada ketinggian Desa tersebut. Lokasi persisnya, berada di atas Guguak, Dusun Pasar Hilir, Desa Lumindai Kec Barangin, Kota Sawahlunto.


loading...
Mendengar adanya warga Sawahlunto yang sudah bertanam jahe merah beberapa waktu lalu, Walikota  Deri Asta sangat  mengapresiasinya, "kita sangat apresiasi terhadap warga yang kreatif berinovasi dimusim pandemi ini,  dengan mengolah lahan yang ada melalui komoditi yang dianggap masih jarang diolah oleh petani lain. Padahal, potensinya cukup baik saat ini dengan nilai ekonominya sangat menjanjikan dan sudah ada warga yang  memulai. Kita akan mendukungnya melalui Dinas Pertanian dan dinas terkait lainnya melalui bimbingan serta pengolahan lahan. Karena kalau lahan ini tidak diolah dengan ilmu yang cukup  maka capaian hasilnya tentu tidak akan  maksimal,"  ungkap Walikota Deri Asta menguraikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Sawahlunto,  Lelis Epriyenti menyatakan bahwa Dinas Pertanian akan selalu siap guna memberikan pendampingan kepada para petani agar  tata cara mengenai teknik pengolahan lahan maupun pengolahan tanamannya membuahkan hasil yang baik.

Dengan telah dimulainya oleh Masril, salah seorang warga Lumindai sejak 5 bulan yang lalu, dan saat ini juga sudah diikuti oleh beberapa warga lainnya, hendaknya dapat juga  menjadi motivasi bagi semua warga Sawahlunto, untuk lebih memamfaatkan lahan disekitarnya dengan menanam jahe merah seperti Masril.

#GP |Rep |Fid

Posting Komentar

0 Komentar

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred