Sawahlunto Berduka, Salah satu Pasien Covid-19 Meninggal, tetap Patuhi Protokol Kesehatan.

Sawahlunto(SUMBAR).GP-Pasien Covid-19, DV (55) asal Talawi Hilir Kota Sawahlunto yang berprofesi sebagai tukang ojek, pada Minggu malam (16/8) pukul 20.00 Wib telah meninggal dunia di RSUD M. Jamil Padang.


Informasi ini dibenarkan oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH saat  menghadiri acara temu ramah dengan anggota DHC 45 di lobi Balaikota Sawahlunto, Senin (17/8). "Sawahlunto sedang menghadapi masa pandemi covid-19, saat ini terindikasi ada 21 kasus yang positif dan telah sembuh 5 orang serta tadi malam, satu orang meninggal yang merupakan warga Talawi Hilir," ungkap Deri dihadapan yang hadir.

Lebih lanjut ditambahkannya, "masyarakat Sawahlunto jangan lengah, usahakan  selalu untuk mematuhi protokol kesehatan dalam setiap beraktifitas, jangan sampai menyepelekan kondisi saat ini.  Karena menyangkut kesehatan orang banyak, utamanya orang yang ada disekitar kita," urai Deri menambahkan.


loading...
Sementara itu, Adriyusman Sekretaris Satgas Covid-19 saat dihubungi via telepon oleh awak media, menyatakan bahwa ia baru saja kembali dari penguburan pasien positif covid-19 di Desa Talawi Hilir. Dan dikatakannya, "lokasi kuburannya di bawah komplek PLN Parak Kerambil, Tengah Sawah. Dengan menggunakan standar operasional (SOP) Covid-19 dalam penguburannya," ujar Adriyusman.

Mengenai pemakamannya, dijelaskannya  bahwa pasien tersebut  dibolehkan pemakamkannya di Desa Talawi tempat almarhum berasal. "SOP dari pemakaman kepada pasien covid 19 adalah pertama,  diserahkan kepada masyarakat setempat dan bila tidak ada penolakan serta  lokasi penguburan tersedia maka pemakamannya dibolehkan dilokasi tersebut. Kedua, bila tidak ada lokasi penguburan dan ditolak oleh masyarakat tempat dia berasal maka pihak Satgas Sawahlunto telah menyediakan tempat penguburannya yang layak, sesuai ketentuan," urai Sekretaris satgas Adriyusman.

Kita ketahui dari sekretaris satgas, pasien covid-19 yang meninggal ini penangannya langsung ditangani oleh Satgas Covid-19 Sawahlunto (petugas dengan jumlah 8 orang), memakai kelengkapan SOP covid 19. "Pihak Satgas memberikan penjelasan kepada masyarakat setempat bahwa pasien yang dikuburkan ini dalam kondisi telah aman dan steril, sesuai SOP Covid-19 sehingga masyarakat Talawi Hilir tidak perlu khawatir akan tertular," pungkasnya mengakhiri.

#GP | Rep | Fid

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS