Karang Taruna Sawahlunto Dipercaya Mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Sawahlunto(SUMBAR).GP-Dengan mendorong peningkatan ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui generasi muda, Karang Taruna Kota Sawahlunto dipercaya mengelola program Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Untuk itu, Karang Taruna Sawahlunto telah mulai mengelola  pada dua (2) jenis UEP,  berupa budidaya jahe merah dan budidaya ikan nila.


Walikota Sawahlunto Deri Asta SH sangat antusias melihat semangat kaum muda melalui kegiatan Karang Taruna ini. Karenanya, Deri mengarahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk harus ikut membantu pengelolaan UEP yang dikelola oleh Karang Taruna.

Untuk itu, pada Jumat pagi (28/8)  Walikota Deri Asta langsung meninjau ke beberapa titik lokasi pengelolaan UEP oleh Karang Taruna Kota Sawahlunto. Sementara ini, ada, tiga lokasi yang sudah dikelolanya. Yaitu di Kelurahan Aur Mulyo, Kelurahan Tanah Lapang dan Desa Pasar Kubang yang kesemuanya berada di Kecamatan Lembah Segar.


loading...
Lebih lanjut Deri Asta nenyebutkan, "dengan semangat yang hebat dari para pemuda kita di Desa dan Kelurahan untuk memulai berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan ekonomi, harus kita dorong agar Karang Taruna ini dengan fasilitasnya melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dapat berjalan dan berkembang nantinya. Kita lihat bersama,  dengan semangat kebersamaan para pemuda  kita cukup tekun mengelola dengan para pengurus Karang Taruna. Karena kalau dari sisi anggaran, kondisi kita saat ini semua serba terbatas namun  dengan semangat kebersamaan yang ada, akan melahirkan kreatifitas sehingga apa pun halangannya dapat dihadapi bersama," tutur Walikota Deri Asta.

Pemerintah Kota (Pemko), akan selalu  mendukung UEP ini melalui Dinas terkait. Karena OPD terkait akan membantu baik dari sisi administrasi maupun regulasi kegiatannya. Dinas Pertanian, bisa membantunya melalui budidaya jahe merah maupun pemberian bibit ikan  serta  pemberian dalam bentuk pelatihan serta bimbingan ilmu, guna budidaya pada kedua bidang tersebut.

Lebih lanjut Deri menyatakan, "kegiatan seperti ini pasti kita dukung, kalau karena keterbatasan anggaran memang belum  maksimal maka paling tidak, dari Dinas kita bisa mendampingi guna memberikan pelatihan atau bimbingan. Pelatihan dan pendampingan, tentu tak kalah pentingnya karena kalau saat ini kita dalam bertani atau beternak tanpa ilmu,  tentu hasilnya tidak akan maksimal. Kita akan dampingi dan akan kita bantu dengan berbagai hal yang memungkinkan," urai Deri Asta.

Sementara itu, Ketua DPD Karang Taruna Kota Sawahlunto, Andri Mahaputra  menyebutkan bahwa saat ini Karang Taruna Sawahlunto memang sedang memberikan perhatian khusus kepada kegiatan  yang bertujuan untuk peningkatan ekonomi dan skill Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat terutama generasi muda Sawahlunto. Ditambah dengan adanya perhatian khusus dari Pembina Umum Karang Taruna Kota Sawahlunto, Eka Wahyu SE yang kita ketahui cukup akrab dengan generasi muda Sawahlunto.

Dikatakannya, "kita ingin keberadaan Karang Taruna ini memang bisa memberikan dampak dan bermanfaat bagi masyarakat. Melalui  program Pemerintah Kota, terutama di bidang peningkatan ekonomi produktif. Kita juga ingin mengubah anggapan bahwa selama ini Karang Taruna hanya muncul pada kegiatan saat acara HUT RI dan saat sekarang kita buktikan,  bahwa Karang Taruna Sawahlunto mampu bergerak bersama masyarakat," imbuh Andri mengakhiri.

#GP |Rils |Fid

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS