Jauh Di Mata Dekat di Hati, Perayaan HUT RI Ke-75 Virtual di Peru dan Bolivia



Lima(PERU).GP- Meskipun di tengah pandemi Covid – 19, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini masyarakat Indonesia di Peru dan Bolivia rayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 secara virtual. Upacara Pengibaran Bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung secara sederhana di KBRI Lima pada tanggal 17 Agustus 2020 dan disiarkan secara langsung melalui media zoom dan siaran langsung facebook.


Dipimpin oleh Dubes RI Lima, Marina Estella Anwar Bey selaku Pembina Upacara, dan seluruh staf KBRI Lima selaku petugas upacara, kegiatan diikuti secara virtual oleh sekitar 120 orang yang terdiri dari masyarakat Indonesia yang berada di Peru dan Bolivia serta WN Peru. Walaupun sederhana, upacara berlangsung khidmat dengan petugas pengibar bendera yang telah disiapkan selama 1 (satu) bulan sebelumnya. Petugas Pengibar Bendera merupakan staf dan keluarga staf KBRI Lima yaitu Muhammad Farhan Ismadi, Rosalina Excelsis Maribeth, dan Tantan Rahmansyah.

Untuk mensyukuri bahwa Indonesia telah berusia 75 tahun, dilakukan pengerukan tumpeng dan pemotongan kue ulang tahun Republik Indonesia ke – 75 oleh Dubes RI Lima.


loading...
Usai upacara Pengibaran Bendera, Duta Besar Marina Estella Anwar Bey juga menyapa seluruh masyarakat Indonesia di Peru dan Bolivia melalui kegiatan Dubes Menyapa. Kegiatan dilakukan secara virtual via zoom dan dihadiri oleh sekitar 14 (empat belas) keluarga WNI yang berada di Peru dan di Bolivia.

Masyarakat merasa sangat senang karena dapat mengikuti kegiatan perayaan HUT RI secara virtual. WNI yang berada di Bolivia, Suster Rosa, mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat terharu saat pengibaran Bendera Merah Putih dalam Upacara yang diselenggarakan KBRI Lima. Hal serupa juga disampaikan oleh WNI, keluarga Aryo Wibowo yang bertempat tinggal di kota Arequipa, Peru. ¨Sejak pagi hari anak-anak kami sangat antusias untuk mengenakan batik dan baju merah putih hari ini¨, ungkap Nia Wibowo. ¨Selama 5 tahun tinggal di Peru, ini merupakan pertama kalinya kami mengikuti kegiatan perayaan HUT RI karena lokasi kotanya yang jauh dari kota Lima¨, sambungnya.

Selain menyapa masyarakat Indonesia, diumumkan juga pemenang – pemenang lomba Hari Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh KBRI Lima. Lomba-lomba tersebut adalah Tutorial Memasak, Foto Kemerdekaan, Lomba Puisi, Menyanyi, dan Lomba Menggambar khusus untuk anak-anak. Seluruh hasil karya para peserta ditayangkan pada media sosial KBRI Lima.

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Dubes RI Lima menyampaikan bahwa kita harus tetap bersyukur karena Indonesia hari ini telah berusia 75 Tahun dan dengan kemajuan teknologi, masyarakat Indonesia yang berada jauh dari Lima tetap dapat mengikuti jalannya upacara HUT RI ke – 75 secara virtual, "Jauh dimata dekat di hati,¨ tutup Dubes RI Lima.

#GP | Ce | Sumber : KBRI Lima

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS