Pokdar Kamtibmas, Tingkat Kota Sawahlunto Terbentuk - Go Parlement | Portal Berita
loading...


# Gadget # Iptek

Breaking

Sabtu, 25 Juli 2020

Pokdar Kamtibmas, Tingkat Kota Sawahlunto Terbentuk

Sawahlunto(SUMBAR).GP- Setelah terbentuknya kelompok sadar kamtibmas (Pokdar Kamtibmas) di tingkat Provinsi pada Jumat lalu (17/7), Polres Sawahlunto dengan gerak cepat dan terukur sesuai arahan,juga membentuk Pokdar Kamtibmas tingkat Kota Sawahlunto pada Sabtu (25/7).

Dalam pembentukan ini, tampak hadir beberapa tokoh Sawahlunto. Seperti Ketua LKAAM Ir H Dahler, H. Jaswandi, SE, H. Ismed, SH, Masril SHI, Weldison, H. Eka Syafputra, Adi Muaris, Edrizon serta sederet tokoh dari empat (4) Kecamatan yang ada di kota ini.


loading...

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat utama (Rupatama) Polres Sawahlunto, juga dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dari lintas agama dan suku, guna memenuhi undangan Polres dalam rangka membentuk Kelompok Sadar Kamtibmas.

Kapolres Sawahlunto, AKBP. Junaidi Nur, SH, S.IK, dalam arahannya menyatakan bahw pembentukan Pokdar Kamtibmas ini merupakan tindak lanjut dari rapat di Polda Sumbar, beberapa waktu yang lalu, agar seluruh Polres yang ada di lingkup Polda Sumbar untuk segera membentuk Pokdar Kamtibmas. Dan untuk itulah, kita hadir dan berkumpul di sini.

Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan, "hal ini untuk mengantisipasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan serta konflik yang ada atau terjadi di tengah masyarakat kita. Sehingga diharapkan, segala permasalahan yang ada dan timbul dapat diselesaikan sedari dini sesuai serta mengacu dengan kearifan lokal kita," papar kapolres "urang awak" ini memaparkan.

"Melalui Pokdar Kamtibmas, kita berharap agar segala bentuk permasalahan atau persoalan yang timbul, di tengah masyarakat dapat segera diselesaikan di tingkat bawah. Untuk itulah kami menghimpun para tokoh masyarakat, baik dari lintas generasi, agama dan suku," urai  Kapolres menambahkan.


Kita ketahui, Pokdar Kamtibmas adalah suatu kelompok masyarakat yang secara sukarela bermitra dengan Polri untuk melakukan kegiatan bersama dengan tujuan mengamankan dan menanggulangi gangguan Kamtibmas di tengah madyarakat.

Pokdar Kamtibmas bekerja guna  memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan kota, serta mengajak masyarakat untuk mentaati aturan dan  hukum yang ada.

Untuk itu, Kapolres berharap agar  setiap anggota Pokdar Kamtibmas, harus  mampu berkomunikasi kepada masyarakat dengan baik. Karena anggota Pokdar ini, juga berfungsi sebagai sumber informasi bagi Polri dalam upaya memelihara Kamtibmas secara keseluruhan.

Sementara itu, dari hasil rapat yang dilakukan dan berlangsung cukup akrab itu, secara aklamasi terpilih H. Jaswandi, SE sebagai Ketua Pokdar Kamtibmas Kota Sawahlunto dengan Wakil Ismed SH, didampingi H. Eka Syafputra, SH sebagai sekertaris dan Fedrya Nanda, SS selaku Bendahara serta sejumlah pengurus bidang.

Setelah terbentuk kepengurusan, H. Jaswandi menyatakan apresiasi atas terbentuknya organisasi ini, karena akan dapat membantu pemerintah kota,  serta Polri dalam menciptakan Kamtibmas di tengah masyarakat Sawahlunto.

Ditambahkannya,"Pokdar ini juga dapat  berguna untuk anak kemenakan kita, sehingga dengan adanya edukasi atau penyuluhan, nantinya dapat terhindar dari perbuatan melanggar hukum," ujar haji Wan pandito (panggilan akrabnya).
Sementara itu, Wakik Ketua Ismed SH sejalan dengan Haji Wan mengatakan bahwa, kita akan segera mencari kantor sekertariat dan membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan serta beraudiensi dengan pihak Pemko Sawahlunto.

#GP | Rep | Fid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS