Kampus PSDKU UNP, dibangun di Kota Sawahlunto - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kampus PSDKU UNP, dibangun di Kota Sawahlunto

Rabu, Juli 08, 2020
Sawahlunto(SUMBAR).GP- Akhirnya, angan kita sebagai warga Sawahlunto untuk memiliki Perguruan Tinggi berkelas di kota kita menemui titik terang. Dengan membuka Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Negeri Padang (UNP) segera merealisasikan rencananya pada tahun akademik 2020/2021 ini, dengan langsung memulai aktifitas perkuliahan di Kota Sawahlunto.

Gerak cepat ini dapat dilakukan,  setelah disepakatinya MOu PSDKU UNP dengan Pemko Sawahlunto. Dan sambil menunggu kampus rampung dibangun di Kawasan Kandih, kampus sementara akan menggunakan eks SD Negeri 07 Muaro Kalaban yang berada di pinggir jalan utama arah Muarokalaban ke Kota Sawahlunto, sebagai tempat untuk melakukan aktifitas belajar mengajar perkuliahan, mahasiswa.

Kita ketahui, pembangunan kampus PSDKU UNP Sawahlunto di kawasan Kandih akan segera dilakukan pembangunan fisiknya oleh Pemko Sawahlunto pada 2021. Namun, guna untuk proses pematangan lahan (land clearing) sudah bisa kita  laksanakan pada anggaran perubahan,  APBD Kota Sawahlunto Tahun 2020 ini.

loading...
Untuk melihat langsung kondisi lahan kampus UNP seluas 5,1 hektar itu, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti SE bersama Sekdako dr Ambun Kadri MKM,  dan sejumlah kadis serta jajaran terkait,   melakukan peninjauan langsung ke lokasi-lapangan di kawasan Kandih, Sawahlunto pada Rabu (8/7).

Wakil Walikota Zohirin Sayuti, menguraikan bahwa, dalam perjanjian kerjasama (MoU) tentang PSDKU UNP dengan Pemko Sawahlunto tersebut,  tertuang kesepakatan bahwa Pemko Sawahlunto menghibahkan lahan beserta bangunan kampusnya kepada pihak UNP. Sementara pihak UNP, akan bertanggung jawab untuk semua aktifitas dan operasional perkuliahannya.

"Di sini nanti kita akan bangun untuk  tiga (3) bangunan serta dua (2) untuk ruangan kelas dan satu (1) untuk ruangan kantor. Setelah itu, baru kita  hibahkan kepada UNP, dan barulah kemudian aktifitas perkuliahan akan dimulai di sini," ungkap Wakil Walikota Zohirin menambahkan.

Pada tahap awal, untuk jurusan yang akan dibuka oleh UNP pada PSDKU di Sawahlunto ini, adalah Jurusan Pertambangan dan Teknik Alat Berat,  dengan jenjang pendidikan Diploma 3 (D 3).

Kita ketahui, jurusan ini merupakan jurusan yang sangat pas dibuka dan dikembangkan di Kota Sawahlunto. Karena, kota ini merupakan kota tambang batubara sejak zaman Kolonial Belanda. Selama ini, pihak UNP dan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) juga telah menggunakan aset-aset pertambangan batubara Ombilin Sawahlunto, sebagai sarana pembelajaran dan pelatihannya.

Sementara itu, terkait dengan penggunaan sementara eks SD Negeri 07 Muaro Kalaban sebagai tempat aktifitas belajar mengajar perkuliahan PSDKU Sawahlunto, sambil menunggu siapnya dibangun kampus PSDKU UNP di kawasan Kandih Sawahlunto tahun 2021.

Sementara itu, dari hasil kesepakatan  para siswa SD Negeri 07 Muaro Kalaban tersebut dilakukan grouping. Dengan kebijakan grouping, maka semua murid pindah ke SD lain yang terdekat dengan tempat tinggal sesuai kesepakatan dengan orang tua/wali murid bersangkutan.

#GP |  Rils |Fid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS