Kelurahan Balai - Balai Berkreasi Ciptakan Wastafel Unik - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Rabu, 03 Juni 2020

Kelurahan Balai - Balai Berkreasi Ciptakan Wastafel Unik


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Masyarakat dan karang taruna bersama perangkat Lurah dan RT di Kelurahan Balai-balai Berkreasi membuat wastafel Unik dan punya nilai seni, Rabu (03/06/2020).

Mereka menginisiasi pembuatan alat cuci tangan dengan memanfaatkan galon bekas, kawat ayakan, besi dan semen yang di sulap menjadi wastafel atau tempat cuci tangan yang unik dengan tingkat kesenian yang tinggi.

Kasi layanan sosial Kelurahan Balai - Balai, Drs. Asrul selaku Tim Teknis dalam pembuatan wastafel unik tersebut mengatakan, hal ini berawal dari membuat taman dan pot di Kelurahan Balai - Balai dan supaya lebih adanya keunikan (ciri khas) tersendiri dari Kelurahan Balai - Balai dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, maka dibuatlah tempat cuci tangan atau wastafel.

"Untuk efisiensi dalam penggunaanya itu semuanya sudah kita pikirkan yang artinya, walaupun didalam tersebut ada sebuah galon tetapi tidak terlihat dan seolah olah batang kayu, yang nilainya adalah nilai seni yang memperlihatkan keindahan," ucapnya.

Pembuatan wastafel tersebut melibatkan masyarakat, generasi muda dan karang taruna yang ada di Kelurahan Balai - Balai dengan total wastafel yang dikerjakan sebanyak 24 buah.

"Nantinya wastafel ini akan disalurkan kepada perangkat RT yang ada di Kelurahan Balai - Balai, untuk tempat penempatannya mereka yang menentukan, dan ini akan menjadi ikon tersendiri Kelurahan Balai - Balai dalam menghadapi masa pandemi Covid-19," ujarnya.

Namun demikian, beliau berharap kedepannya di tepi - tepi jalan Kota Padang Panjang ada baiknya disediakan tempat untuk cuci tangan (wastafel) dengan jarak per wastafelnya 50 meter. Hal ini juga dapat meningkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

"Alangkah indahnya Kota Padang Panjang kalau disediakan tempat cuci tangan seperti ini," harapnya.

Menurutnya, walaupun nanti sudah tidak lagi berada pada masa pandemi Covid-19 yang wastafel atau tempat cuci tangan ini akan tetap terpakai. 

"Wastafel dibuat multifungsi, seandainya wastafel tidak digunakan bisa dijadikan sebagai pot bunga dengan tinggal memotong bagian kepalanya dan untuk pengerjaanya sangatlah mudah," pungkasnya.

#GP | DF | KI | Release Kominfo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...


Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS