AJO Pasbar Cegah Virus Covid 19 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

AJO Pasbar Cegah Virus Covid 19

Rabu, Maret 18, 2020


Pasbar(SUMBAR).GP- Perkumpulan Jurnalistik Online (AJO) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) peduli terhadap Pencegahan virus Covid 19, dengan membagikan masker pada masyarakat di bundaran Simpang Empat, serta mengajak masyarakat selektif menerima informasi tentang covid 19 dan tidak mudah terpengaruh informasi hoaks.

Disamping itu dalam kegiatan peduli kesehatan, serta memberikan informasi yang benar bukan hoaks dengan membagi selebaran cara mencegah dan mengenali covid 19 serta cara mencuci tangan yang baik dan benar itu di lansir dari informasi resmi  Dinas Kesahatan Provinsi Sumbar dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Selebaran itu sengaja di bagikan oleh Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar agar masyarakat bisa lebih jeli mengenali dan cara mengantisipasi, serta cara mencuci tangan yang baik dan benar hingga tidak mudah terpengaruh informasi hoaks tentang covid 19, dari mereka yang tidak bertanggung jawab. 

Dan Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa titik seperti di beberapa kantor pemerintah khususnya instansi-instansi pelayanan publik dan lampu merah Pasaman Baru serta Bundaran Simpang Empat dan pusat-pusat pelayanan umum lainnya pada hari ini Selasa (17/03).

Ini merupakan sumbangsih Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar dengan membantu  pihak pemerintah maupun tenaga medis dalam bentu kerja sama dakam mencegah penularan covid 19 di Indonesia.

Kegiatan membagi-bagikan brosur dan masker ini dilakukan senada dengan yang disampaikan oleh  Dinas Kesehatan ataupun organisasi kesehatan dunia (World Health Organization, WHO) yang antara lain mengeluarkan peringatan edukasi untuk mencegah penularan covid-19 yang dapat dilakukan oleh masing-masing individu, diantaranya adalah Sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau bisa juga menggunakan handrub  berbasis alkohol, Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu. Setelah itu segera buang tisu dan cuci tangan dan Menjaga jarak dengan siapapun yang menderita demam dan batuk, jika menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, dianjurkannya untuk segera berkonsultasi ke dokter dan ceritakan riwayat kesehatan anda sebelumnya, demikian juga bika berpergian keluar atau ketempat-tempat umum seperti pasar (terlebih daerah yang saat ini mengalami kasus coronavirus), hindari kontak langsung dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.

Sedangkan Ketua AJO Pasaman Barat M Fadli mengatakan, sosialisasi ini berupa edukasi kepada masyarakat untuk selektif dalam menerima informasi tentang pencegahan hoaks Covid 19. Sebab menurutnys Informasi hoaks ini dinilai bisa menganggu ketenangan masyarakat, dan menyesatkan tentang penyebaran berita Covid 19.

"Kami sebagai jurnalis meminta masyarakat tidak mudah terpengaruh informasi hoaks tentang covid 19, jika ragu silahkan datangi posko Satgas yang didirkan oleh pemerintah daerah, setempat" himbaunya.

Disamping itu M Fadli menambahkan, anggota AJO Pasaman Barat berupaya memberikan pemahaman maupun edukasi kepada masyarakat agar tidak sembarangan percaya informasi tentang covid 19.

Ditambahkannya bahwa anggota AJO selain melakukan sosialisasi dengan membagikan brosur juga membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan atau diduga sedang kurang sehat.

Jadi ami berharap masyarakat lebih bijak menanggapi covid 19 dan bersama sama mencegah penyebaran covid 19," sebutnya.

Jadi kita meminta jurnalis agar memberikan informasi menyejukkan dan edukatif bagi masyarakat," Harapnya

#GP | SYAMSURI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS