Pemko Gelar OP Bawang Putih - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pemko Gelar OP Bawang Putih

Senin, Februari 17, 2020

Padang Panjang (SUMBAR).GP- Pemerintah Kota Padang Panjang, melalui Dinas Pangan dan Pertanian, Dan Dinas Koperasi, Perdagangan, dan UKM Kota Padang Panjang menggelar Operasi Pasar (OP) bawang putih di Halaman Gedung M. Safei, Senin (17/06/2020) pagi.

Panitia Operasi Pasar menjual bawang putih dengan harga normal Rp 32.000.-/kg, sebelumnya harga bawang putih mencapai Rp 60.000,-/kg, Operasi Pasar bertujuan untuk membantu menstabilkan harga bawang putih.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang, Ade Nefrita Anas, SP, MP mengatakan pelaksanaan operasi pasar berlangsung cuma 1 hari, sekitar 500 Kg bawang putih.

"Untuk hari ini Kota Padang Panjang diberikan pasokan bawang putih 500 Kg dijual dengan harga Rp. 32.000,-/kg yang bertujuan untuk menstabilkan harga di pasaran," jelasnya.

Selanjutnya beliau menjelaskan Kebutuhan akan bawang putih Kota Padang Panjang perharinya mencapai 100 kg termasuk didalamnya,  untuk restoran, rumah makan, dan kebutuhan rumah tangga.

" Tentunya jauh dari harapan, dengan bazar 500 Kg bawang putih hanya cukup lima hari saja, namun kita akan cari solusi terbaik nantinya," Sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM, Arpan, SH menilai bahwa kenaikan harga bawang putih ini salah satunya dipicu karena harga yang tidak stabil di tingkat distributor akibat wacana Pemerintah yang menunda impor bawang putih dari China akibat virus Corona.

"Bawang putih yang masuk ke Indonesia rata-rata hasil Impor dari China karena China merupakan pemasok bawang putih terbesar di dunia, dengan isu yang berkembang tentang virus Corona, maka beberapa distributor mengambil kesempatan untuk berspekulasi dengan mengatakan pemerintah akan menyetop impor bawang putih, saya tegaskan bahwa isu tersebut tidak benar, bawang putih tetap di impor karena kebutuhannya sangat banyak di indonesia, "jelasnya.

Melalui operasi pasar ini, diharapkan para pedagang tidak berspekulasi dan mengambil kesempatan, karena disini harganya masih normal (Rp. 32.000,-/kg) dan pasokan bawang putih juga cukup.

"Ini kita peruntukan kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga dengan batasan pembelian minimal 1 Kg per orang dan maksimal 2 Kg per orangnya, mudah - mudahan dengan OP ini harga bawang putih di Padang Panjang akan segera turun, "pungkasnya.

Operasi Pasar Serentak dilakukan di sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada yaitu, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat dan Kota Padang.

#GP | DF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS