Jhon Reflita, anggota DPRD Kota Sawahlunto meminta agar Pemko lebih aktif membina UMKM - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Jhon Reflita, anggota DPRD Kota Sawahlunto meminta agar Pemko lebih aktif membina UMKM

Rabu, Februari 26, 2020

Sawahlunto(SUMBAR).GP- Anggota Komisi II DPRD Kota Sawahlunto, Jhon Reflita meminta kepada Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait untuk lebih aktif melakukan pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Sawahlunto.

Lebih lanjut Jhon BMK, demikian ia akrab disapa mengingatkan, agar OPD terkait harus peka terhadap kondisi UMKM yang ada saat ini. Untuk itu, harus ada berbagai langkah inovasi dalam melakukan pembinaan terhadap usaha mendukung UMKM, agar senantiasa dapat berkembang secara baik dan benar," urainya beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan oleh anggota komisi II DPRD Sawahlunto saat mereka turun melakukan peninjauan lapangan guna melihat langsung, dengan masih banyaknya  masyarakat pelaku UMKM yang membutuhkan perhatian. Padahal, dengan usaha potensial yang ada saat ini, para pelaku UMKM masih saja kesulitan dalam pendanaan karena keterbatasan modal.

“Contohnya kelompok budidaya ikan nila Sisiak Wangi di Mudiak Air Kelurahan Kubang Sirakuk Utara, Lembah Segar. Saat ini tengah mengembangkan bioflog dan membutuhkan blower,” terangnya.

Hal seperti ini merupakan salah satu contoh bahwa pelaku UMKM, sangat membutuhkan pendampingan dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk keberpihakan pemerintah. Contoh lainnya, kelompok usaha kuliner yang berkeinginan untuk menjadikan kawasan Silo Ombilin sebagai lokasi kuliner dan berjualan produk.

“Tapi terkendala karena kawasan itu selalu digenangi air. Seharusnya ada perhatian dan melakukan koordinasi lintas OPD agar tempat tersebut bisa dimanfaatkan untuk aktivitas perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap, Pemko Sawahlunto melalui OPD terkait dapat memberikan perhatian lebih besar lagi terhadap UMKM. Baik melalui pembinaan, penyediaan lokasi yang representatif dan strategis untuk usaha maupun upaya lainnya seperti pemasaran dan sebagainya.

#GP | Rep | Fid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS