TNI-Polri bersinergi dalam membantu korban banjir di ibu kota.

 
Jakarta(DKI).GP- Memasuki tahun baru 1/1/2020, sepanjang malam hingga paginya mengawali tahun, seluruh Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) diguyur hujan deras. Namun nikmat hujan ini, membawa duka bagi sebagian besar warga  Jakarta dan sekitarnya. Karena curah hujan yang cukup tinggi, berakibat sebagian besar lokasi pemukiman dan akses jalan diberbagai tempat, terendam banjir, transportasi lumpuh. Untuk itu, TNI -Polri bersinergi guna membantu dan menolong warga terdampak banjir, di ibu kota.

Kapolda Metro Jaya beserta jajarannya, turun langsung menembus lokasi banjir di wilayah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Ibukota Jakarta membuat Kapolda Metro Jaya, Komjen Gatot Eddy Pramono yang didampingi oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan dan Wakapolres AKBP Susatyo serta Kapolsek Tanah Abang, Kompol Raden Muhammad Jauhari meninjau langsung dengan menelusuri beberapa  lokasi banjir di Kelurahan Benhil, Jakarta Pusat.

Wakapolres Metro Jakpus AKBP Susatyo mengatakan," Arus air sangat deras, utamanya di kawasan Kelurahan Benhil, akibat turunnya hujan yang terus menerus mengguyur Ibu Kota pada malam tahun baru 2020," ungkap AKBP Susatyo, Wakapolres Jakpus, disela sela kunjungan Kapolda, Rabu (1/1).

Giat pengecekan banjir di Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil) Kota Administrasi Jakarta Pusat, guna antisipasi dan memberikan informasi kepada warga Benhil agar selalu waspada dengan menjaga kondisi serta Kamtibmas di wilayah kita masing-masing.

Dilain pihak lain, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) juga menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Banjir Jakarta. Satgas ini bertujuan untuk melaksanakan pertolongan dan evakuasi korban banjir, dengan didukung personel, perahu karet, mobil ambulans, serta peralatan pendukung lainnya, yang ditempatkan di Satgas Posko Banjir Kolinlamil di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Hal ini dilakukan, sebagai langkah kesiapan antisipasi dari  dampak Banjir. Seperti yang terjadi Rabu dini hari (1/1) Tim Satgas Banjir Kolinlamil, mendapat laporan dari warga di daerah Tanjung Priok dan sekitarnya bahwa genangan air sudah mulai naik, di daerah mereka.

Tim langsung bersiaga di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara,  dipimpin Lettu Laut (T) Mukhtar Fajri bersama 40 anggotanya, langsung  bersiap di lokasi banjir dengan membawa material truck, sekoci karet, motor tempel, dan dayung. Namum, agar tetap efektif, kami selalu berkoordinasi dengan koordinator penanggulangan banjir, Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Kita ketahui, air yang menggenang di beberapa wilayah ibukota, disebabkan tingginya curah hujan saat ini. Untuk itu, memang dibutuhkan aksi cepat seperti yang dilakukan oleh tim Satgas Banjir Kolinlamil ini.

Dalam aksi cepatnya, satgas ini juga langsung menyiapkan ransum makanan personel RSAL Minthoharjo, Bendungan Hilir, Tanah Abang Jakarta Pusat karena rumah sakit ini,  juga tergenang banjir dari pagi dini hari (1/1).

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E. M.M. menyatakan bahwa, keberadaan Tim Satgas Banjir Kolinlamil ini sebagai bentuk antisipasi menghadapi situasi dan kondisi Jakarta terhadap banjir.

"Kami siap membantu pemerintah dalam tugas kemanusiaan, khususnya pemerintah DKI Jakarta jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam evakuasi korban banjir di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Utara," ungkap Ahmad Heri.

Senada dengan hal tersebut, Komandan Denmako Kolinlamil Kolonel Laut (P) Dian Purnomo Sidi, mengatakan Tim Satgas Banjir Kolinlamil melibatkan 40 anggota Kolinlamil yang terdiri dari beberapa personel yang ditunjuk sebagai tim kesehatan dan tim angkutan. Semua personelnya, telah terlatih dalam menangani dan evakuasi korban banjir.

#GP | Rep | FD

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred