Masyarakat Kelurahan Silat Pertanyakan, 5 Kali Usul Musrembang Tentang Lingkungan Sehat di Tolak

 

Rusdianto: Gambaran tetang pembangun diatas tanah PT. KAI akan kita jadikan sebagai perbandingan


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pra Musrenbang Kelurahan Silaing Atas Kecamatan Padang Panjang Barat yang diselenggarakan di Aula kantor Lurah Silaing Atas (Silat), Senin 21 Januari 2019 kemaren berlangsung begitu alot.

Pasalnya, masing-masing ketua RT dan tokoh masyarakat yang hadir pada Pra Musrenbang di Kelurahan Silat itu mengajukan pertanyaan yang sulit dijawab oleh Fasilitator dan Operator Musrembang yang telah mulai hari ini Rabu 23 Januari 2019.

"Kami sudah 5 tahun mengusulkan perbaikan jalan yang berlobang dan riol rusak di lingkungan RT IV, namun usulan warga kami ini tidak perna lolos dengan alasan lokasi yang di huni oleh warga kami ini adalah milik PT KAI. Padahal warga kami yang membangun rumah ditanah yang dikontrak (sewah) dari PT KAI ini pakai IMB dan bayar pajak juga, kenapa kami dibedakan," kata Yon Endri selaku Ketua RT VI dibenarkan oleh mantan Karyawan PT KAI Padang Panjang bidang Aset, Rasidin yang akab disapa Mak Etek

Bahkan Mak Etek juga membandingkan Kelurahan yang telah dibangun oleh Pemko Padang Panjang di atas Aset PT. KAI.

"Saya jadi heran, kenapa usulan kami selalu di tolak dengan alasan itu adalah aset PT. KAI, sementara di Kelurahan Balai-Balai, Tanah Palambiak, Pasar Usang, Bukit Surungan, Tanah Hitam, Kampung Manggis, kami lihat Pemko mengabulkan usualan masyarakat yang mengusulakan pembangunan di Aset PT. KAI," kata Mak Etek yang juga dibenarkan oleh Ketua RT IV dan warganya.

Anehnya kata Yon Endri, "Koq kami yang disuru meminta surat izin kepada PT KAI, padahal kami RT ini hanyala perpanjangan tangan dari pemerintah, tentu saja hal yang tidak mungkin kami lakukan apalagi untuk mendapatkan surat dukungan yang diinginkan oleh pemerintah. Jadi kami sangat bermohon kepada pemerintah untuk berkoordinasi dengan PT. KAI. Kerana warga kami sangat membutuhkan lingkungan yang sehat, apa lagi akhir-akhir ini warga kami banyak terkena penyakit DBD karena genangan air," kata Yon Endri yang akrab disapa Andi di forum Pra Musrembang itu.

Namun disaat Ketua RT IV dengan Tokoh masyarakat sedang mengajukan mempertanyaan tentang usulan nya itu, tiba-tiba Kepala BAPPEDA Kota Padang Panjang Rusdianto hadir dalam Pra Musrembang Kelurahan Silaing Atas tersebut.

Setelah menyambut kehadiran Rusdianto, Ketua LPM Kecamatan Padang Panjang Barat Masri Edwar selaku pendamping Faskel Musrembang Kelurahan, langsung minta kepada Rusdianto selaku Kepala BAPPEDA Kota Padang Panjang  untuk menjawab pertanyaan yang ajukan oleh Ketua RT IV beserta warganya.

"Usulan ini kita tampung dulu, nanti sebagai perbandingannya adalah daerah yang telah dibangun diatas tanah PT. KAI ini ,dan kesimpulannya akan dibicarakan oleh BAPPEDA dengan OPD terkait," kata Rusdianato.

Rusdianto juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan Silaing Atas yang telah memberikan masukan dan gambaran tetang pembangun yang akan dilakukan oleh pemerintah Padang Panjang kedepan

"Mari kita bersama-sama bahu-membahu menbangun Padang Panjang ini untuk menuju kejayaan," tutup Rusdianto.

Setelah Pra Musrembang Kelurahan Silaing Atas selesai, Ketua LPM Kecamatan Padang Panjang Barat Masri Edwar kepada Faskel dan Operator mengingatkan, apa yang diusulkan oleh masyarakat tentang pembangunan tetapi ada diatas tanah PT. KAI, "Jadikan ini usulan Kelurahan dan nani di Musrembang kita bahas, sesuai apa yang telah disampaikan oleh Kepala BAPPEDA Kota Padang Panjang tadi," tekuk Mari Edwar.

Menjelang Musrembang kata Masri Edwar, "Kalau ada permasalahan baik berupa teknis maupun substansi pengusulan mohon untuk disampaikan kepada kami atau BAPPEDA melalui Grup agar Musrenbang akan berjalan efisien," tutupnya.

Ini Jadwal Murembang Kelurahan Kecamatan Padang Panjang Barat:

I. Hari/tgl : Kamis/23-01-2020 :

1. Kelurahan Tanah Hitam

2. Kelurahan Pasar Usang


II. Hari/tgl : Senin/27-01-2020 :

- Kelurahan Silaing Bawah


III. Hari/tgl : Selasa/28-01-2020 :

1. Kelurahan Pasar Baru

2. Kelurahan Balai Balai


IV. Hari/tgl : Rabu/29-01-2020 :

1. Kelurahan Bukit Surungan

2. Kelurahan Kampung Manggis


V. Hari/tgl : Kamis/30/01/2020 :

- Kelurahan Silaing Atas

#GP | DF

Post a Comment

0 Comments

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/ MTs Kabupaten Sijunjung mengucapkan: Selamat Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 71 tahun 2020. "Semoga Sijunjung Maju Jaya"
PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred