Anggota DPRD Sawahlunto, Neldaswenti Zohirin Menerima Penghargaan Tokoh Peduli Disabilitas - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Anggota DPRD Sawahlunto, Neldaswenti Zohirin Menerima Penghargaan Tokoh Peduli Disabilitas

Kamis, Desember 05, 2019

Sawahlunto(SUMBAR).GP-Neldaswenti Zohirin, anggota DPRD Kota Sawahlunto dua priode, menerima penghargaan sebagai Tokoh Peduli Disabilitas atau disebut anak istimewa oleh Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Kita ketahui, Neldaswenti yang merupakan istri Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti adalah pendiri dan sekaligus pemilik dari Yayasan Rumah TIA Sawahlunto yang selalu mengayomi dan berbagi untuk anak-anak disabilitas.

Prestasi yang cukup bergengsi tersebut, merupakan penghargaan sebagai bonus dalam bentuk perhatian dari Pemprov Sumbar.  Namun bagi Neldaswenti pribadi, sepertinya hal demikian bukanlah sesuatu yang istimewa. ada penghargaan atau tidak, yang jelas untuk urusan berbagi dan peduli dengan anak - anak istimewa ini,  merupakan panggilan hati.

"Alhamdulillah, ternyata ada perhatian dan apresiasi dari Dinas Sosial Sumbar. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua anak - anak istimewa di Sawahlunto.

Khususnya lagi, untuk masyarakat para orang tua anak istimewa tersebut. Ini motivasi bahwa kita tidak perlu minder diberikan titipan oleh Allah berupa anak istimewa ini, mari kita sama - sama bergandeng tangan dalam merawat dan menumbuh-kembangkan mereka," ujar Ny. Neldaswenti Zohirin, yang dalam kapasitasnya juga sebagai Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Sawahlunto.

Penghargaan Tokoh Peduli Disabilitas 2019 ini, diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno  pada Hari Peduli Disabilitas Internasional tingkat Sumbar, di Lapangan Imam Bondjol Padang, Selasa, 03 Desember 2019.

Sebelum dianugerahi penghargaan sebagai juara pertama (1) ini, pihak penilai telah melakukan berbagai proses penilaian dari para juri sejak awal bulan November lalu. Tim juri penilai terdiri dari berbagai bidang ilmu terkait, yang dipimpin oleh Dr. Marlina dan kategori penilaiannya meliputi uji wawancara dan verifikasi (peninjauan) langsung ke lapangan.

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, Neldaswenti Zohirin memang diketahui sudah sejak lama bergelut pada ranah anak - anak disabilitas. Selain melalui Yayasan Rumah TIA, buk Ety demikian biasanya akrab beliau disapa, juga sudah lama aktif memperjuangkan akses untuk hak - hak bagi anak - anak istimewa ini, melalui jalur legislatif tempat beliau berkiprah selama ini. Disamping, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Forum Komunikasi Orang Tua Peduli Anak Spesial (Forkasi), Kota Sawahlunto.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, usai menyerahkan penghargaan tersebut berharap agar dengan penghargaan ini dapat memicu tokoh - tokoh lainnya, termasuk pejabat pemerintahan dan anggota legislatif lainnya untuk juga ikut peduli dengan hal - hal yang menyangkut disabilitas.

"Saya rasa anak - anak istimewa di Sawahlunto sangat beruntung memiliki buk Neldaswenti. Dengan kedudukan beliau sebagai istri Wakil Walikota dan juga anggota DPRD, tentu sangat strategis dalam mendorong, membantu dan memfasilitasi berbagai hal untuk anak - anak istimewa ini. Juga para orangtua anak istimewa, mendapat kesempatan yang bagus dalam berkoordinasi dengan ibuk Ety," ujar Irwan Prayitno menambahkan.

Menanggapi penghargaan yang diterima Ny. Neldaswenti, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH menyebut bahwa Neldaswenti memang sudah pantas diapresiasi dengan penghargaan tersebut, sebab gerakan yang dijalankan beliau di bidang disabilitas tidak perlu diragukan lagi.

"Selamat buk Ety, semoga nantinya  juga menerima penghargaan dari nasional. Perlu kita sampaikan bahwa dalam berbagai program Pemko untuk masyarakat disabilitas ini, merupakan ide dan dorongan dari buk Ety. Sehingga sekarang sudah cukup banyak program Pemko untuk membantu anak - anak istimewa ini. Bahkan, kami masukkan dalam visi - misi Kepala Daerah yang telah diterjemahkan oleh jajaran OPD dalam RPJMD," ujar Deri Asta, dengan suka cita.

Walikota Deri Asta juga berharap agar dengan penghargaan itu, hendaknya menambah motivasi buk ety untuk lebih banyak lagi berbuat bagi dunia disabilitas, di Sawahlunto. Hal hal seperti ini, dapat menginspirasi bagi tokoh publik maupun tokoh masyarakat lainnya untuk juga ikut berbuat, dan berbagi dengan anak disabilitas atau anak istimewa.

#GP | Rils | FD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS