Upaya Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Sejak Dini, Babinsa Ramil 10/Spj Laksanakan PLS Ke Sekolah


Aceh Timur(ACEH).GP- Babinsa Koramil 10/Simpang Jernih Kodim 0104/Aceh Timur Serma Edy S Rambe laksanakan program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMP Negeri 1 Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur tahun ajaran 2019-2020, Sabtu (23-11-2019) pagi.

Program tersebut sebagai upaya menanamkan rasa cinta tanah air (patriortisme) kepada generasi muda.

Kegiatan PLS tersebut diberikan dalam bentuk pemberian materi bela negara dan wawasan kebangsaan, kepada pelajar di sekolah tersebut.

Danramil 10/Spj Kapten Inf Hamdani mengatakan bahwa, pelaksanaan PLS ke Sekolah tersebut merupakan intruksi dari Komando Atas.

Menurutnya, penting dilakukan pendidikan yang ditujukan untuk menanamkan pemahaman wawasan kebangsaan, bela negara serta cinta tanah air kepada generasi muda khususnya para pelajar menjadi tanggung jawab kita bersama.

Kegiatan PLS dilakukan mulai dari pelajar tingkat SD, SMP serta SMA, guna meningkatkan disiplin, semangat belajar dan menambah wawasan para pelajar di sekolah, “katanya.

“Maka, Babinsa mempunyai sebuah kewajiban terhadap generasi penerus bangsa ini, apalagi Babinsa sebagai “pembina desa” tentu semua masyarakat yang ada diwilayahnya itu adalah, merupakan konsep binaan, harus mempunyai motivasi untuk mencapai cita-citanya.

Sehingga, hal ini merupakan tugas pokok Aparat Babinsa di wilayah teritorialnya untuk mengemban tugas pokok, yaitu sebagai pengayom, pembina dan penggerak di seluruh warga dalam kegiatan sosial masyarakat.

Serma Edy S Rambe juga menambahkan bahwa, disiplin itu harus diterapkan serta dibiasakan kepada semua pelajar. Seperti didalam proses belajar, yang dimulai dengan datang ke sekolah tidak terlambat, engumpulkan tugas sekolah tepat waktu, taat kepada Guru dan mematuhi semua tata tertib sekolah," kata Babinsa di hadapan para pelajar.

Ia juga menjelaskan, bagaimana keharusan berseragam yang benar, ukuran rambut, kuku dan kebersihan kelas, bersikap sopan santun kepada guru dan kesesama teman di Sekolah.

“Disiplin bukan hanya di sekolah, akan tetapi saat adik-adik pulang ke rumah. Kedisiplinan juga tetap berlaku diantaranya patuh kepada orang tua, mentaati pada aturan agama, dan norma norma etika dilingkungan kita," ujarnya.

Lanjutnya, cinta tanah air dan jiwa patriotisme, merupakan perwujudan rasa bangga akan tanah airnya, sehingga rela berkorban untuk bangsa dan negaranya, serta mejunjung tinggi harkat dan martabat bangsa.

Rasa cinta tanah air ini dan kebangsaan yang terangkum dalam semangat patriotisme, harus selalu tertanam dalam setiap sanubari rakyat Indonesia, terkhusus kepada generasi muda Bangsa Indonesia sejak dini, “tandasnya.


#GP | FD



Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred