REKTOR UNP PROF. GANEFRI ZIARAH KE MAKAM PENDIRI UNP DI BATUSANGKAR - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

REKTOR UNP PROF. GANEFRI ZIARAH KE MAKAM PENDIRI UNP DI BATUSANGKAR

Selasa, Oktober 29, 2019

 

Dies Natalis UNP ke-64


Tanah Datar(SUMBAR).GP- Universitas Negeri Padang (UNP) adalah salah satu universitas tertua di Indonesia. Pertama dalam perkembangan diawali periode Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batusangkar Kabupaten Tanah Datar tahun 1954-1956 yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Pengajaran RI kala itu Prof. Muhammad Yamin, SH dengan pendiri Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu.

Dalam perkembangan PTPG kembali berganti nama dengan Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) tahun 1956-1999 dan pada tahun 1999 ditetapkan status menjadi Universitas yang dikenal sebagai Universitas Negeri Padang sampai sekarang.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D pada saat kunjungan ziarah makam pendiri perguruan tinggi tersebut mengatakan kunjungan ke makam ini salah satu untuk mengingat kembali sejarah pendiri perguruan tinggi yang bernama UNP sekarang ini.

"Ini mengingat sejarah bahwa pendiri perguruan tinggi yang masuk tertua di Sumbar bahkan Indonesia adalah seorang tokoh pendidikan yaitu Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu (1902-1985) putra Tanah Datar yang dimakamkan di Kampuang Tangah Pagaruyung, Batusangkar,” kata Prof. Ganefri, Senin (28/10) di sela-sela kunjungannya didampingi Wakil Rektor II Ir. Syahril, Dekan dan keluarga besar UNP.

Rektor Prof. Ganefri tambahkan, kegiatan ziarah ini dalam rangka DIES Natalis ke-65 UNP dan kepada pihak keluarga atau ahli waris, Ganefri ucapkan terimakasih dan Insya Allah ilmu dan apa yang telah direncanakan almarhum akan terwujud salah satunya akan mengembalikan PTPG atau UNP ke Batusangkar di Tanah Datar dan itu sudah dilakukan peletakan batu pertama monumen bersama bupati Tanah Datar Irdiansyah Tarmizi.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Sosial Yuhardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor dan jajaran telah melakukan kunjungan ke makam Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu dan ini untuk mengingat kembali sejarah.

Dengan kujungan Rektor dan rombongan akan menjadi cambuk dan motivasi bagi generasi Tanah Datar, bahwa putra Tanah Datar menjadi tokoh pendiri kampus besar di Sumatera Barat yang telah banyak melahirkan alumni yang sudah berkiprah di berbagai bidang.

Pada kunjungan tersebut rektor bersama rombongan lakukan doa bersama dan bersilaturahmi dengan pihak keluarga ahli waris.

#GP | RIF | Humas-rilis | ERI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS