Empat Tahun Vakum, Masyarakat Antusias Saksikan Kembali Perhelatan Pacu Kuda di Banca Laweh - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Empat Tahun Vakum, Masyarakat Antusias Saksikan Kembali Perhelatan Pacu Kuda di Banca Laweh

Minggu, Oktober 27, 2019


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Setelah empat tahun lamanya vakum, Minggu 27 Oktober 2019, Gelanggang Pacu Kuda Banca Laweh, kembali diadakan kegiatan Alek Anak Nagari Padang Panjang Batipuah X Koto yakni Pacu Kuda Open Race .

Alek Anak Nagari Pacu Kuda  ini dibuka langsung Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat Drs. Nasrul Abit yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Padang Panjang Batipuah X Koto dan daerah Kabupaten/Kota lainnya.
"Perlombaan pacu kuda ini dapat dijadikan sebagai wadah menjalin silaturahmi serta mempertahankan nilai-nilai budaya yang tertanam di dalamnya, serta juga akan menambah nilai ekonomi masyarakat Padang Panjang sendiri," kata Wagub Nasrul Abit.

Nasrul Abit minta Alek Anak Nagari Pacu Kuda di Gelanggang Bancah Laweh ini agar dijadikan iven tahunan. 

"Pacu kuda merupakan kebudayaan lokal, yang tidak semua daerah memilikinya. Maka dari itu, mari kita budayakan olah raga ini tanpa mengurangi nilai budaya yang ada didalamnya," sebut Wagub Sumbar yang terkenal ramah oleh memasyarakatnya.

Sementara itu,  Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano,  menyebutkan perayaan pacu kuda saat ini menjadi salah satu cara untuk memperjuangkan kembali sejarah alek nagari dan pacu kuda yang ada di Padang Panjang.

"Kami berharap ini menjadi pererat dan perekat tali persaudaraan di Padang Panjang, nilai-nilai adat yang tertanam di dalamnya dapat kita pertahankan," paparnya.

Walikota Padang Panjang Fadly Amram Dt Paduko Malano menekankan kepada masyarakat supaya selalu menjaga keselamatan.
 
"Ini iven yang cukup berbahaya, jangan sampai nanti ada kecelakaan dan insiden yang tidak diinginkan. Untuk itu, pengunjung yang nonton iven ini agar tidak masuk kedalam arena yang dialarang oleh panitia, terutama saat kuda sedang berpacu," imbau Wako Fadly.

Sementara, Irwan Marsal Dt. Mangkudun mewakili niniak mamak memberikan apresiasi terhadap alek pacu kuda kali ini .  

"Setahu saya baru sekali ini diadakan alek pacu kuda di Bancah Laweh yang gratis, dihadiri pula Ninik Mamak Batipuah X Koto bersama Walikota yang lengkap dengan Porkopimda. Mungkin karena Walikota seorang Ninik Mamak juga. Terimakasih banyak Pak Wali," kata  Irwan Marsal Dt. Mangkudun yang sudah  berusia 67 tahun.

Ketua Pelaksana Zulfikri yang merupakan Anggota DPRD Kota Padang Panjang menjelaskan, bahwa pacu kuda kali ini akan dilaksanakan selama dua hari. Ada banyak daerah yang berpartisiapsi dalam memeriahkan iven ini, diantaranya selain daerah Sumbar juga ada dari Provinsi Aceh, Sumut dan Jawa Timur.

"Pada hari pertama ini, ada 11 race yang telah berlaga dengam kategori Bugi, Sagalo Derby dan lain sebagainya," jelanya.

Turut hadir menyaksikan Alek Anak Nagari dan Pacu Kuda Open Race tersebut Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, unsur Forkopimda, Ketua DPRD beserta jajaran, Sekda, ninik mamak, Ketua Kerapatan Adat Nagari Padang Panjang Batipuh X Koto serta Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

#GP | CE | riliskominfo | DF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS