Wartawan juga Menentukan Maju Mundurnya Suatu Negara - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wartawan juga Menentukan Maju Mundurnya Suatu Negara

Selasa, Agustus 13, 2019
Bukittinggi (SUMBAR). GP- Pengamat politik lokal Abdul Kadir mengatakan, peran journalist (wartawan) disuatu negara sangat menentukan. Bahkan maju mundurnya suatu bangsa itu tergantung wartawan.

"Siapa yang mengabarkan atau menyebar luaskan suatu kemajuan di negara itu kalau bukan wartawan. Apakah negara itu berkembang, maju dan mundur dikabarkan oleh wartawan," ujar Kadir kepada media ini di Bukittinggi, Sumatera Barat, Senin (13/8).

Kata dia, di "commonwealth realm" atau negara komanwel sekalipun keberadaan media diutamakan. Sebab lanjut Kadir yang tergabung disebuah lembaga sosial ini, baik langsung atau pun tidak dengan tulisan wartawan melalui media lah, rakyat diajarkan bagaimana mengetahui berbagai kejadian.

"Hanya melalui media lah rakyat itu membaca dan mengetahui suatu kejadian di sebuah negara. Misalnya saja, negara kita ini negara pengimpor atau ekspor atau negara terkorup nomor sekian, diketahui rakyat melalui media yang ditulis sang wartawan. Jadi, sekali lagi, keberadaan wartawan itu sangat dibutuhkan," tegasnya.

Selain mengajarkan rakyat untuk tahu suatu perkembangan, tambah Kadir yang pernah aktif sebagai ketua DPC partai politik ini, kehadiran wartawan di tengah-tengah masyarakat juga sangat membantu pemerintahan. Selain memberitahukan suatu perkembangan atau kejadian, wartawan juga dapat berfungsi sebagai edukasi dan mediator.

"Bisa saja wartawan itu selain penyebar informasi menjadi seorang edukator  maupun sebagai mediator dikehidupan berbangsa dan bernegara ini," tutup Kadir.

# GP | AN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS