Danramil 1312-08/Melonguane Sholat Idul Bersama Masyarakat

Talaud(SULUT).GP- Koramil1312-08/Melonguane terjunkan satu regu Gab Satgas Opster yang dipimpin langsung Danramil 08/Melonguane, Letnan satu Inf Rudolf J.Maariwuth, mengamankan jalannya
Perayaan Ibadah Sholat Idul Adha di masjid Agung Jabal Rahma Melongune Jln. Bui Batu komplek Perkantoran kec. Melongune Kab. Kepl. Talaud, Ahad (11/8/19).

Perayaan Ibadah Sholat Ied dilaksanakan pukul 07.00 WITA diikuti ratusan masyarakat.

Adapun bertindak sebagai Imam H. Sumanto Ali, sedangkan Khotib H. Yahya W. Paskal, S Ag., MM (Kepala Kemenag Melonguane).

Dalam khotbahnya, H. Yahya Pasiak mengatakan bahwa, Idul Adha  dilaksanakn pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebutan Hari Raya Haji dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.

"Idul Adha dinamakan hari raya haji dan juga dinamakan Idul Qurban karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT," katanya.

Ia juga menjelaskan, Idul Adha juga merupakan sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. 

Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. 

"Allah menguji iman dan taqwa Nabi Ibrahim melalui mimpinya yang haq, agar ia mengorbankan putranya yang kala itu masih berusia 7 tahun. Anak yang elok rupawan, sehat lagi cekatan ini, supaya dikorbankan dan disembelih dengan menggunakan tangannya sendiri. Sungguh sangat mengerikan! Peristiwa spektakuler itu dinyatakan dalam Al-Qur’an," jelasnya.

Di akhir khutbahnya, ia menambahkan, dalam Al Quran disebutkan bahwa Nabi Muhammad memiliki akhlak yang agung (QS Al-Qalam: 4). Dalam Islam kedudukan akhlak sangat penting merupakan buah dari pohon Islam berakarkan akidah dan berdaun syari”ah. 

"Segala aktivitas manusia tidak terlepas dari sikap yang melahirkan perbuatan dan tingkah laku manusia. Sebaliknya, akhlak tercela dipastikan berasal dari orang yang bermasalah dalam keimanan merupakan manisfestasi dari sifat-sifat syetan dan iblis," imbuhnya.

H. Yahya Pasiak berpesan yang dapat diambil dari pelaksanaan shalat Idul Adha bahwa, hakikat manusia adalah sama, yang membedakan hanyalah taqwanya.

Dan bagi yang menunaikan ibadah haji, pada waktu wukuf di Arafah memberi gambaran bahwa kelak manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk dimintai pertanggung jawaban. 

Usai ibadah sholat Ied, pada pukul 10.00 WITA dilaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak sembilan ekor.

Diantaranya enam ekor sapi SD dan tiga ekor kambing. 

#GP | RFD | RED.

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred