Manus Handri: “Membangun Karakter Bangsa Perlu Pengendalian Penduduk - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Manus Handri: “Membangun Karakter Bangsa Perlu Pengendalian Penduduk

Minggu, April 15, 2018
Simpang Empat (SUMBAR).GP- Membangun karakter bangsa sangat bergantung pada strategi pengendalian penduduk yang dilakukan. Pertumbuhan laju penduduk memiliki dampak pada berbagai sektor seperti pendidikan, infrastruktur, kesehatan, lapangan kerja dan kesejahteraan. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Pasaman Barat (Pasbar) H. Manus Handri, Selasa (10/4) di Aula kantor bupati, pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Berencana (KKBPK).

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, ketua GOW Pasbar, Pimpinan OPD kabupaten Pasbar, ketua DWP, Camat, Koramil, Wali Nagari, Kepala Puskesmas dan koordinator penyuluh KB se kabupaten Pasbar.

Sekda Pasaman Barat (Pasbar), H. Manus Handri, dalam arahannya menyampaikan bahwa strategi pengendalian penduduk bisa dilakukan dengan pemanfaatan program kampung KB yang digagas BKKBN. Namun, sebelum melangkah ke persoalan tersebut, ada mindset yang harus dirubah dari masyarakat tentang kampung KB.

"Kebanyakan pandangan umum tentang kampung KB hanyalah persoalan pemakaian alat kontrasepsi dan alat KB agar tidak memperbanyak keturunan dan laju pertumbuhan penduduk akan menurun," katanya.

Menurutnya, mindset tersebut harus diluruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman dari masyarakat perihal kampung KB yang sudah dicanangkan pada 13 lokasi di Pasbar. Hal ini menjadi tugas bagi kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Pasbar untuk benar-benar menyosialisasikan kepada masyarakat bentuk dan output dari kampung KB tersebut.

"Kampung KB bukan hanya soal pemasangan alat kontrasepsi, tapi lebih kepada upaya menurunkan fertilitas guna mengendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) dan mewujudkan keluarga berkualitas dalam rangka meningkatkan kualitas manusia melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB, peningkatan ketahan keluarga dan pengendalian penduduk," terangnya.

Disamping itu, disampaikannya bahwa Pemda Pasbar menyambut baik Rakorda KKBPK yang dilakukan. Rapat tersebit dipandang penting dalam rangka mengevaluasi dan menyusun langkah-langkah strategis untuk mempercepat keberhasilan program KKBPK sebagai bagian integral dari pembangunan kesejahteraan.

"Melalui Rakorda ini mari kita lakukan sinkronisasi arah kebijakan dan pengembangan kegiatan prioritas program KKBPK, memperkuat sinergitas lintas sektoral untuk mewujudkan tujuan utama yakni kesejahteraan masyarakat," pungkas Manus.

Sementara, kepala perwakilan BKKBN propinsi Sumatera Barat (Sumbar), Syahrudin menyatakan bahwa pihaknya mengapresiasi dukungan Pemda Pasbar dalam hal program KKBPK di Pasbar. Hal itu ditandai dengan adanya dukungan dari APBD dalam menjalankan berbagai kegiatan KKBPK seperti yang sedang dilakukan.

 "Ini merupakan Rakorda KKBPK yang pertama di Sumbar dalam tahun 2018 ini. Melalui Rakorda ini akan terjadi peningkatan hubungan, komitmen dan integritas Pemda dalam menjalankan program KKBPK," sebutnya.

Penyelenggaraan Rakorda lanjutnya, Diharapkan dapat meningkatkan hubungan, komitmen, kordinasi, dan integrasi serta sinergitas antara pemerintah kabupaten, para pemangku kepentingan, dan mitra kerja dalam penerapan kebijakan  dan strategi program KKBPK, terutama kampung KB yang telah di bentuk pada wilayah-wilayah yang tingkat program KKBPK nya belum optimal.

”Dan kampung KB ini tidak hanya fokus pada program keluarga berencana saja, namun juga pada program-program lainnya yang masih kurang di daerah kampung KB tersebut. Dan BKKBN atas arahan isu dan himbauan Presiden untuk membentuk kampung-kampung KB di daerah sebagai pintu masuk untuk pelaksanan program-program pembangunan lainnya,” ujar Syahrudin. 

#003/R.u

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS