Miliarder Ini Sebut Rumah Mewah Tak Jamin Kebahagiaan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Miliarder Ini Sebut Rumah Mewah Tak Jamin Kebahagiaan

Senin, Desember 04, 2023


New York(AMERIKA SERIKAT).GP- Investor tersohor sekaligus miliarder Charlie Munger memilih untuk tinggal di rumah yang relatif sederhana selama bertahun-tahun.


Mitra bisnis lama Warren Buffett itu memang memilih keputusan tesebut. Ia menempati rumah yang sama di California, Amerika Serikat (AS) selama kurang lebih 70 tahun.


"Buffett dan saya sama-sama cukup sering menyaksikan teman kami yang kaya membangun rumah yang mewah," kata dia dikutip dari CNBC, Minggu (3/12/2023).


"Menurut saya, dalam hampir setiap kasus, hal-hal tersebut membuat seseorang menjadi kurang bahagia, bukan lebih bahagia,” imbuh dia.


Pada dasarnya, rumah sederhana mencukupi fungsi dasar. Sedangkan, rumah yang lebih besar dapat menjamu orang lebih banyak, tapi tak lebih dari itu.

"Ini merupakan hal yang sangat mahal untuk dilakukan, dan tidak memberikan banyak manfaat," ucap dia.


Selain itu, rumah yang besar juga cenderung menampilkan kekayaan yang mencolok. Itu akan memanjakan anak-anaknya dan mendorong mereka untuk hidup megah.


Charlie Munger sendiri memiliki sembilan anak dari dua pernikahan. Untuk itu, ia seharusnya memerlukan rumah yang besar.


"Saya masih memutuskan untuk tidak menjalani kehidupan terlihat seperti Duke of Westchester atau semacamnya. Saya akan menghindarinya. Saya melakukannya dengan sengaja, saya pikir itu tidak akan baik untuk anak-anak," tutur dia.


Serupa, Warren Buffett juga telah tinggal di rumah yang sama sejak 1958 di Omaha, Nebraska, AS. Konglomerat berusia 93 tahun itu sempat mengungkapkan kalau memiliki rumah yang banyak justru membuat kualitas hidupnya buruk.


Charlie Munger selalu mengajarkan manfaat hidup sederhana. Tak hanya itu, ia tak lupa mengingatkan orang lain agar tidak terlalu iri dan boros.


Dalam menjalani kehidupan, Charlie menerapkan prinsip kehati-hatian dan melakukan segala cara menghindari kegagalan.


"Hindari menjadi gila dengan cara apapun. Gila jauh lebih umum dari yang dikira. Sangat mudah menjadi gila. Hindari saja, hindari, hindari," tandas dia.


Sebagai informasi, Charlie Munger meninggal pada Selasa (28/11/2023) pada usai 99 tahun.


#GP | CE | Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS