Desa Wisata Sumbar Masuk 75 ADWI - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Desa Wisata Sumbar Masuk 75 ADWI

Rabu, Maret 22, 2023


Sijunjung(SUMBAR).GP– “Alhamdulillah Perkampungan Adat Nagari Sijunjung masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), ayo kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas” demikian pesan tertulis Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH pada Selasa (20/3) dinihari.


“Dari 75 besar ADWI, yang berasal dari Propinsi Sumatera Barat yaitu sebanyak 7 desa wisata” ujar Kadisparpora Afrineldi, SH melanjutkan.


Tahun 2023 ini, sebanyak 4.573 desa wisata se-Indonesia telah mendaftar, dimana 327 diantaranya berasal dari Propinsi Sumatera Barat.


Dari 4.573 desa wisata tersebut, telah dinyatakan sebanyak 500 besar nominasi ADWI 2023 beberapa hari yang lalu dan telah mengerucut menjadi 75 besar hari ini.


Dari 75 besar, 7 diantaranya yang berasal dari Propinsi Sumatera Barat yaitu Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung (Kabupaten Sijunjung), Desa Wisata Nyarai (Kabupaten Padang Pariaman), Desa Wisata Kubu Gadang (Kota Padang Panjang), Desa Wisata Puncak Lawang (Kabupaten Agam), dan Desa Wisata Muntei (Kabupaten Mentawai).


Tahun 2022 lalu, Desa Wisata Silokek telah mengharumkan Kabupaten Sijunjung di tingkat nasional karena meraih Juara 3 ADWI 2022.


“Kobaran semangat ini masih terus kami lanjutkan. Untuk menggaungkan Indonesia lebih mendunia melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Membuka ruang untuk berkarya, memastikan 4,4 juta lapangan kerja tercipta dan kami masih terus percaya bangkitnya ekonomi dimulai dari desa. Inilah momentum kebangkitan pariwisata, di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023” tulis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. pada laman jadesta.kemenparekraf.go.id


“Berbeda dengan tahun lalu yang sampai 50 besar, tahun ini hanya sampai 75 besar dengan 5 kategori” demikian Kadisparpora Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH yang dipanggil akrab “Pak Neldi” oleh Menparekraf Bang Sandi setiap ke Sijunjung menutup pesan singkatnya pada Selasa dinihari.

#GP  |  Herman  |  AG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS