Sijunjung Hebat - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Sijunjung Hebat

Minggu, November 06, 2022


Oleh : H.Epi Radisman Dt.Paduko Alam SH 
Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung 


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Suatu saat nanti Sijunjung pasti Hebat,  kendati saat ini dalam kondisi sedang tidak Hebat, Tapi dulu Sijunjung itu pernah Hebat.


Sijunjung  adalah nama yang diabadikan dari asal kata "Puti Junjuang"  Yakni seorang wanita cantik jelita bertuah,  Kemanakan oleh Syech Mukhsin,  Lahir 12 Rabiul Awal 1156 Hijriyah,  Yang dilambangkan " Mambonam Batu Godang",  nan dinamokam  Bukik Batu Tabonek.


Nan tasobuik "Istano Puti Junjuang" Nan satiok tahun diperingati "HARI KA TOBEK"  mambayie kaua sasudah tuai, oleh masyarakat adatnya, Kini Sijunjuang diabadikan dengan Sijunjung Namo nagari, Cukuik Jo namo Kecamatan Sijunjung , Sarato Jo Kabupaten Sijunjung.


Ranah Puti Junjuang, ditepi sungai Batang Sarukam, terdapat timpalan pelabuhan kapal di pedalaman Minangkabau Tengah bernama "Sungai Bayur" untuk sandaran  dan transit perahu yang bermuara ke  Batang Kuantan dari Luhak Agam dan Limo Puluah Koto (Batang Sinamar), dari Luhak Tanah Datar dan arah Kubuang Tigo Baleh (Batang Ombilin, Batang Palangki, Batang Sirukam dan Batang Sumpur / Sungai Kehijauan).


Yang seterusnya menelusuri Batang Kuantan menuju laut Timur Pulau Sumatera bahkan sampai ke semenanjung - semenanjung Asia Tenggara, guna mengisi kebutuhan perdagangan rempah-rempah dan galian emasnya Minangkabau.


Justru yang sangat bernilai tinggi pada masyarakat Hukum Adat di Sijunjung adalah peradaban keramahan dan santun pada anak dagang;  Kok awih diagiah Aie, Kok lapa diagiah nasi, Rumah Gadang tampek singgah kamalaman, Muluik manih, Kucindan murah, Iko tukuak, Iko tambah, Paragiahannyo perai sajo.


Artinya masyarakat Sijunjung dan sekitarnya, dahulukala itu memang berkehidupan sejahtera, berbudi dan bermartabat alias 'Hebat' dibawah Pimpinan panji-panji Niniak Mamak Pemangku Adat dalam Kaum dan nagarinya masing-masing.


Contohnyo ; Nagari Muaro bagaikan toluo  tasopik dibatu. Jan kan pocah, ratakpun tido.


#PG | Sijunjung  | 6 Oktober 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS