Media Realitakini.com Laksanakan Pelatihan Jurnalistik Dasar di Kabupaten Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Media Realitakini.com Laksanakan Pelatihan Jurnalistik Dasar di Kabupaten Sijunjung.

Sabtu, September 24, 2022

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 8 tahun 2022 Media Realitakini.com mengadakan pelatihan Jurnalistik Dasar bagi generasi muda terdiri dari siswa SLTA  Kabupaten Sijunjung,  bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Kabupaten Sijunjung, Sabtu (24/9) yang dibuka Bupati Sijunjung.


Pimred media Realitakini,com Cimrawati, S.Ikom  mengatakan hal itu kepada media ini, saat pelatihan itu berlangsung di Aula Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung.


Dikatakannya, Pelatihan Jurnalistik Dasar ini diadakan dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Realitakini.com  yang ke 8 tahun ini bertemakan " Membangun Jurnalistik Muda Yang Cerdas, Kritis dan Berkrakter" 


Disebutkan  Wati panggilan akrab  Pimred Realitakini.com,  setiap memperingati dan  memeriahkan hari ulang tahun, pada tahun tahun sebelumnya, media Realitakini com mengadakan kunjungan ke panti panti asuhan memberikan semacam sembako, atau berbentuk pemberian  Al Quran ke pesantren pesantren. 


"Khusus pada ulang tahun ke 8 tahun 2022 ini, kita bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, pelatihan Jurnalistik Dasar seperti yang kita laksanakan hari ini  adalah yang pertama kali kita lakukan," papar Wati.



Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, diwakili Sekretaris Dinas Kominfo, Syamsurijal menyampaikan pengarahan sekaligus membuka secara resmi pelatihan Jurnalistik Dasar bagi generasi muda tersebut dapat mengikuti langkah langkah tokoh Nasional Jamaluddin Adinegoro yang berasal dari Kabupaten Sijunjung Talawi, meskipun sekarang sejak pemekaran daerah Talawi masuk Kota Sawahlunto.


"Tetapi sebagai warga Kabupaten Sijunjung, kita tetap menjadi bangga memiliki  tokoh pers ini," lanjut Syamsurijal 


Sekretaris Dinas Kominfo yang populer panggilan Pak Cai itu, diawal sambutannya mengatakan" sayogianya yang akan membuka kegiatan ini, akan dibuka Bupati dihadiri Wabup Iradatillah didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan dan Kadis Kominfo, namun karena beliau beliau ada kegiatan ditempat lain bersamaan dengan waktu sama dengan saat ini, maka diperintahkanlah saya untuk mewakili dalam acara pembukaan ini," ungkap Syamsurijal.


"Kabupaten Sijunjung, menghargai perjuang  Jamaluddin Adinegoro, yang kini tercatat  sebagai Pahlawan Nasional dan  namanya  diabadikan sebagai nama jalan Kabupaten Sijunjung,  jalan dari Simpang Tugu Gambok ke Muaro Bodi diberi nama Jalan Adi Negoro," jelas Syamsurijal.


"Dengan adanya pelatihan jurnalis dasar bagi siswa dan siswi dari berbagai SMA Kabupaten Sijunjung inilah yang akan lahir penulis penulis muda  perjuangan pers itu," ungkap Syamsurijal.


Disampaikan Syamsurijal, Pemda Kabupaten Sijunjung  mengapresiasi kegiatan pelatihan Jurnalistik dasar yang dilaksanakan media Realitakini,com bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan kearsipan Sijunjung ini, diharapkan pada media Realitakini.com untuk HUT berikutnya tetap mengagenda Sijunjung dalam kegiatannya.


"Untuk pelatihan kedepannya, selain belajar dalam ruang kelas, juga perlu ada alokasi waktu kunjungan ke obyek  pariwisata Kabupaten Sijunjung dan nantinya disitu  peserta bisa menuliskan sesuatu berkaitan dengan latihan jurnalis ini," harap Syamsurijal.


Usai membuka secara resmi kegiatan pelatihan Jurnalistik Dasar itu, Sekretaris Dinas Kominfo Syamsurijal juga didaulat  menyampaikan materi berjudul "Pers mitra strategis pemerintah"



Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung diwakili Kabid Informasi dan Pelayanan Rika Nursanti, S.Pt.MM dalam sambutannya menyambut kegiatan jurnalistik dasar ini, karena  Perpustakaan dan Kearsipan ini mempunyai tugas meningkatkan literasi masyarakat.


"Kami mengapresiasi adanya kegiatan jurnalistik dasar yang dilakukan media Realitakini.com saat ini, karena memang sebelumnya,  kami sedang berfikir untuk melakukan kegiatan seperti ini, tetapi ada  keterbatasan yang ada bagi kami, lalu  tiba tiba ada Wartawati Realita Sijunjung menawarkan kegiatan yang langsung saja kita sepakati, sehingga terlaksana kegiatan saat ini," papar Nursanti.


Dijelaskan Nursanti, sudah banyak kegiatan leterasi yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebelumnya seperti Diklat pembudidayaan madu galo galo bagi peternak galo galo, kemudian juga ada kunjungan sekolah sekolah ke Perpustakaan ini pada  hari Sabtu setiap pekannya.


Dengan adanya pelatihan ini, kata Nursanti diharapkan akan lahir penulis penulis muda yang handal dan akan memunculkan karya karya menarik guna mewujudkan "kegemaran membaca" bagi masyarakat.


"Tingkat kegemaran membaca tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021 dilevel 61,15 sementara Kabupaten Sijunjung belum pernah mencek tingkat kegemaran membaca daerah ini, insya Allah dalam waktu yang akan datang kita juga akan melakukan pengukuran tingkat kegemaran membaca masyarakat itu," kata Nursanti.


Diharapkan Nursanti, kiranya Pimpinan Media Realitakini.com kedepannya dapat menampung dan menyiapkan wadah menyalurkan karya karya anak yang sedang ikut pelatihan saat ini.


Sepontan saja Pimred Realitakini.com Cimrawati, S.Ikom menyatakan kesiapannya untuk menyalurkan karya karya generasi muda yang tengah mengikuti pelatihan jurnalistik dasar ini.


Sementara Ketua pelaksana pelatihan Jurnalistik Dasar ini, Wartawati Realita Sijunjung Hasnawati melaporkan kegiatan pelatihan ini diikuti 42 orang dari 10 SLTA dan beberapa orang guru pendamping.


Disebutkan Hasnawati, yang menjadi Nara sumber dalam pelatihan ini, Sekretaris Dinas Kominfo Syamsurijal, Wartawan Senior Domas Hani dan Ketua PWI Cabang Sijunjung Drs.Rusli Jawaher.


#GP | Herman 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS