Wakil Ketua LKAAM Sumbar Epi Radisman Datuak Dt.Paduko Alam, SH : Terharu dan tersanjung dengan dilibatkan Lembaga Adat dan Bundo Kandung dalam peletakan RTRW Kabupaten 2022-2042. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wakil Ketua LKAAM Sumbar Epi Radisman Datuak Dt.Paduko Alam, SH : Terharu dan tersanjung dengan dilibatkan Lembaga Adat dan Bundo Kandung dalam peletakan RTRW Kabupaten 2022-2042.

Selasa, Juni 21, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP-  LKAAM dan Bundo Kanduang Kabupaten Sijunjung ikuti Konsultasi Publik tahap II sehubungan Penyusunan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sijunjung 2022-2042, Senin (20/6-2022) bertempat di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung.


"Upaya penyusunan RTRW Kabupaten kita Sijunjung ini adalah langkah strategis dan wajib' dilakukan bahkan suatu kebutuhan utama masyarakat dalam memajukan pembangunan Daerah," ungkap Aprizal Putra Bungsu Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sijunjung dari atas podium dihadapan 127 orang peserta Konsultasi.


Begitupun Ketua LKAAM Kab Sijunjung H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH dalam tanggapannya merasa terharu dan tersanjung serta berterimakasih yang tak terhingga kehadapan bapak Bupati yang telah melibatkan Lembaga Adat dan Bundo Kanduang dalam peletakan RTRW Kabupaten Sijunjung ini untuk 20 tahun kedepan.


Betapa tidak, pemerintah mempunyai Tata Ruang Wilayah dan Lembaga Adat Minangkabau pun mempunyai Tata Ruang Ulayat yang permanen yang dikenal dengan istilah "Adat salingka Nagari".


Nagari di maksudkan disini adalah Kesatuan Masyakarat Hukum Adat (KMHA) yang bersifat Otonom mengatur dirinya sendiri dalam urusan Soko dan Pusako.


Selanjutnya sang Datuk yang juga Wakil Ketua Umum LKAAM Provinsi Sumatera Barat itu menguraikan bahwa Kabupaten Sijunjung khususnya memiliki 64 buah KMHA, yang setidaknya tata batas wilayah dengan kabupaten, kecamatan tetangga akan tetap ditemui Titi singgung dengan tata batas Ulayat, karena secara geografis kabupaten Sijunjung masih dikelilingi oleh Adat dan budaya alam Minangkabau.

Maka dalam penyusunan RTRW kabupaten Sijunjung kali ini tertumpang  harapan, semoga RTRW kabupaten Sijunjung 2022 - 2042 akan bersinergi positif dengan Tata Ruang Adat Minangkabau (TRAM). semoga.


#GP  | Era | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Wahana Pemandian COMAY

Telah hadir Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY Berlokasi di Pintu Masuk Gerbanag Kota Padang Panjang (Sebelah Kiri Dari Arah Padang Menuju Bukittinggi - Sumatera Barat) , Tempatnya di Jembatan Kembar. Mulai Beroperasi Senin 2 Mei 2022. Selain Tempat Pemandian Keluarga, Wisata COMAY juga menyediakan fasilitas Penginapan, Copy Shop. Restoran Dengan Berbagai Aneka Kuliner. Wisata Keluarga COMAY Menyediakan Lahan Parkir Yang Luas, Aman, Nyaman Dan Profesional. Cukup Hanya Dengan Membayar Jasa Parkir Saja Keluarga Anda Bisa Menikmati Wahana Pemandian Sepuasnya. Mari...!!!!! Manjakan Keluarga Anda di Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY. Untuk Pemesanan Tempat Penginapan Silahkan Hubungi Contak Telpon Genggam 0823 8928 7745. Tertanda Rahmat Harahap (Owner)

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS