Bupati Mulkan Buka Kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Mulkan Buka Kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

Jumat, Mei 20, 2022

                 

Sungailiat(BABEL).GP- Bupati Bangka, Mulkan SH, MH hadiri sekaligus membuka kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa, pada kabupaten Bangka oleh perwakilan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (19/05/2022).

Acara yang juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bangka belitung Faeshol Cahyo Nugroho ini mengangkat tema “Pengelolaan dana desa yang cepat, tepat dan terpadu sebagai upaya penanganan dampak ekonomi covid 19”.

Dalam sambutannya Bupati Bangka menjelaskan, tujuan dilaksanakannya workshop adalah untuk meningkatkan kapasitas pegawai pemerintah daerah, kecamatan dan khususnya perangkat desa, dalam mengelolah dana desa sesuai yang diprioritaskan pemerintah yakni Bantuan Langsung Tunai, ketahanan pangan dan Earmarking untuk penanganan covid 19 di desa.

“Hal tersebut sejalan dengan harapan presiden jokowi bahwa presiden menginginkan agar penyaluran Dana Desa benar benar efektif dan berdampak signifikan pada Desa, terutama dalam percepatan ekonomi produktif, menggerakkan  industri di pedesaan, dan mengurangi kemiskinan desa, serta mengawasi pengaruh wabah Covid-19,” tandasnya.

Dikatakan oleh orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, selain itu, tujuan dari workshop ini adalah untuk mendorong agar pengelolaan dana desa lebih transparan dan akuntabel.

“Serta memperoleh informasi mengenai pengelolaan dana desa dan pemanfaatan hasil pembangunan desa baik pada tingkat kabupaten maupun desa,” sebutnya.

Kegiatan tersebut diisi narasumber yang kompoten di bidangnya yaitu

Ir.Darmansyah Husein, yang juga merupakan  anggota komite IV DPDRI, Drs.H.Lutfhy Latief M.si, selaku Direktur fasilitasi pemanfaatan dana desa dan pedesaan pada kementrian desa, Dr. Edih Mulyadi SE.M.si, selaku kepala kantor wilayah Ditjen pebendaharaan bangka belitung dan Faeshol cahyo nugroho, Ak.M.EcDev selaku kepala perwakilan BPKP propinsi Bangka belitung. serta dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka.

Sementara peserta acara workshop Evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan Desa terdiri dari Inspektur, kepala Bappeda, kepala BPKAD, kepala Dinas PMD, kepala Dinas Kominfo, kepala bagian Tata Pemerintahan, para Camat, para kepala Desa, dan para perangkat Desa di Kabupaten Bangka.

Acara kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan plakat kepada para nara sumber serta ramah tamah, dengan dilaksanakan workshop tersebut diharapkan dapat mendorong agar pengelolaan dana desa lebih transparan dan akuntabel mengingat BPKP berperan dalam mengawal akuntabilitas pengelolaan dana desa baik dari sisi Asurance maupun konsultasi. 


#GP  | Hadi Babel | Adv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS