Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir Hadiri Mukerda MUI Sumbar - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir Hadiri Mukerda MUI Sumbar

Minggu, Maret 27, 2022


Sijunjung(SUMBAR).GP-Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si  menghadiri Mukerda MUI Sumbar (Musyawarah Kerja Daerah Majelis Ulama Indonesia Sumatera Barat) hari kedua pada Sabtu (26/3) malam bertempat di Hotel Bukik Gadang, Muaro Sijunjung.


"Kehadiran ulama adalah berkah sekaligus kekuatan bagi kita untuk membangun Kabupaten Sijunjung" demikian sambutan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si  dihadapan Ketua MUI Sumbar serta MUI kabupaten/kota se-Sumatera Barat yang telah hadir di Sijunjung "Ranah Lansek Manih" sejak Jumat (25/3) dalam rangka melaksanakan Ijtima Komisi Fatwa dan Mukerda MUI Sumbar.


"Kami mengenal Buya Gusrizal Gazahar (Ketua MUI Sumbar) lewat media, Alhamdulillah sekarang bertemu langsung, kita butuh ulama untuk berkolaborasi supaya apa yang kita lakukan sejalan dengan ajaran Islam" ungkap  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si (BDY) menambahkan.  


Mukerda dan Ijtima Komisi Fatwa MUI Sumbar di Muaro Sijunjung ini dihadiri oleh Ketua MUI Sumbar Buya Dr. Gusrizal Gazahar, Lc, MA. Dt. Palimo Basa, Ketua MUI kabupaten/kota se-Sumbar, Ketua MUI Kabupaten Sijunjung Ustadz Syukri Rahmad, Lc, MH, serta Ketua BAZNAS Sijunjung Ustadz Hidayatullah, Lc, MA. 


"Mewujudkan Peran Ulama Rabbani Dalam Meraih Ridho Allah SWT Dengan Istiqamah dan Khidmah Keumatan" demikian tema yang diusung pada Ijtima Komisi Fatwa dan Mukerda MUI Sumbar kali ini yang dilaksanakan mulai dari Jumat (25/3).


Pada kesempatan ini Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si juga memperkenalkan Geopark Silokek sebagai destinasi wisata nasional yang sudah pernah dikunjungi oleh Menparekraf Sandiaga Uno tahun lalu, dimana terdapat didalamnya wisata religi komplek "Syech Abdul Wahab" Calau yang merupakan suatu kesatuan dari Geopark Silokek.  


Jika Bapak dan Ibu sudah berkeliling Sumbar maka Bapak dan Ibu saat mengunjungi Geopark Silokek akan merasakan "Wah..., ternyata ada yang lebih indah di Sumatera Barat" demikian disampaikan Bupati Sijunjung  


Agenda Mukerda dan Ijtima Komisi Fatwa MUI Sumbar pada Sabtu (26/3) diisi dengan materi kegiatan praktek pengamatan terbit fajar dan penyampaian materi penetapan terbitnya fajar dengan narasumber Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar, MA selaku Kepala OIF (Observatorium Ilmu Falak) dari UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Dalam disertasi doktoralnya beberapa waktu lalu Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar, MA mengusung tentang penelitian naskah manuskrip, membahas teori astronomi, instrumen astronomi dan aplikasinya dalam ibadah (waktu shalat, arah kiblat, hilal, dll.). 

     

Materi kedua yang dibahas yaitu Zakat dan Permasalahannya yang disampaikan oleh Prof. Dr. Yaswirman, MA dari UNAND (Universitas Andalas) yang juga merupakan Ketua DPS (Dewan Pengawas Syariah) Bank Nagari. 


Sementara materi ketiga diisi dengan tema Wakaf dan Permasalahannya yang disampaikan oleh narasumber Dr. Zulkarnaini, M.Ag yang juga Ketua Bidang Fatwa, Hukum dan HAM MUI Sumbar.

  

Ketua MUI Sumbar Buya Dr. Gusrizal Gazahar, Lc, MA. Dt. Palimo Basa menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung yang telah memfasilitasi dan memberikan pelayanan hingga terlaksananya Mukerda dan Ijtima Komisi Fatwa MUI Sumbar di Sijunjung. 


"Ulama mesti menghormati pemimpin, ulama siap mendampingi dan membawa ummat kearah yang lebih baik" demikian disampaikan Ketua MUI Sumbar Buya Dr. Gusrizal Gazahar, Lc, MA. Dt. Palimo Basa.


"Kita berprasangka baik kepada Allah, dibutuhkan tenaga yang kuat dan dibutuhkan pikiran yang kuat karena beratnya tugas untuk memimpin daerah ini, dan Allah memberikan amanah itu kepada generasi muda" demikian Ketua MUI Sumbar Buya Dr. Gusrizal Gazahar, Lc, MA. Dt. Palimo Basa menyampaikan pada penutupan Ijtima Komisi Fatwa dan Mukerda MUI Sumbar. 


Ketua Baznas Sijunjung yang juga mantan Ketua MUI Kabupaten Sijunjung H.Hudayatullah,Lc. MA sangat  mengapresiasi kepemimpinan Benny Radi di Sijunjung,  karena selalu berkomunikasi dengan ulama sebelum membuat suatu kebijakan kebijakan terutama persoalan keagamaan.


"Mudah mudahan dengan kegiatan Mukerda MUI Propinsi Sumbar di Sijunjung ini akan memberikan pencerahan menyejukan bagi umat di Sumatera Barat umumnya dan Sijunjung khususnya," harap Hidayatullah.


Sementara Ketua MUI Kabupaten Sijunjung Buya Syukri Rahmat, Lc.MA mengucapkan syukur kepada Allah Swt, atas terlaksananya Ijtima'Komisi Fatwa dan Mukerda MUI Propinsi Sumbar di daerah Lansek Manih ini.


"Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik, lancar dan aman, berkat partisipasi semua pihak," ungkap Buya Syukri.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS