Terkait Pengendalian Covid - 19 Pasca Lebaran, Forkopimda Aceh Barat Vidcon Dengan Presiden Joko Widodo - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Terkait Pengendalian Covid - 19 Pasca Lebaran, Forkopimda Aceh Barat Vidcon Dengan Presiden Joko Widodo

Selasa, Mei 18, 2021


Aceh Barat(ACEH).GP- Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., bersama Forkopimda Aceh Barat mendengarkan pengarahan Presiden Rl lr. H. Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) secara virtual atau Video Conference (Vidcon) terkait pengendalian Covid - 19 dan peningkatan pertumbuhan ekonomi pasca libur lebaran ldul Fitri 1442 Hijriah yang yang berlangsung di Ruangan Rapat Bupati Aceh Barat Jalan Gajah Mada Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Senin (17/5/2021)


Rapat Koordinasi tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda seluruh lndonesia seperti Gubernur dan Bupati/Walikota. Untuk di Aceh Barat sendiri, selain dihadiri Unsur Forkopimda juga melibatkan Sekdakab.


Dari balik layar, Presiden RI lr. H. Joko Widodo meminta kepada seluruh Kepala Daerah untuk meningkatkan kewaspadaan  terhadap potensi terjadinya kenaikan kasus aktif Covid - 19 pasca libur lebaran 1442 Hijriah, meskipun kebijakan larangan mudik telah dikeluarkan.


"Dengan adanya kebijakan larangan mudik, dapat menekan pergerakan masyarakat yang menuju kampung halaman. Tercatat dalam rentan waktu 6  -  17 Mei melalui Pos Penyekatan, para pemudik mengalami penurunan yakni berkisaran sekitar 1,5 juta orang. Meskipun demikian, kita patut waspada jangan sampai jumlah jutaan manusia ini bisa membawa virus Covid - 19 ke Daerah - Daerah", ungkap Jokowi


Jokowi menambahkan, bahwa pengendalian penyebaran Covid - 19 di lndonesia tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat. Untuk itu, kita harus memiliki ketahanan yang baik agar kasus - kasus aktif tidak sebesar yang sudah - sudah sehingga penyebarannya mudah dikendalikan.


"Saat ini di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura telah memutuskan kebijakan Lockdown secara ketat akibat adanya lonjakan kasus aktif Covid - 19 ini. Oleh karenanya, lndonesia harus tetap terus waspada terhadap potensi maupun kemungkinan - kemungkinan yang bisa menimbulkan terjadinya peningkatan. Antara Pusat dan daerah harus tetap sinergi apalagi di beberapa daerah saat ini tengah mengalami peningkatan kasus, seperti Provinsi Sumatera Utara dan Daerah yang ada di Pulau Jawa", ulas Jokowi


Untuk itu, Jokowi meminta kepada seluruh Kepala Daerah bersama Forkopimda untuk terus memantau angka dan kondisi terkini terkait perkembangan Covid - 19 di daerahnya dengan membuat kebijakan yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid - 19.


"Mari kita bersinergi dan berkoordinasi dengan baik dalam melakukan testing, tracing serta treatmen kepada masyarakat guna pengendalian kasus aktif Covid - 19, manfaatkan Posko PPKM Mikro yang ada hingga tingkat Desa", terang Jokowi


Terkait dengan pertumbuhan ekonomi nasional, Presiden menargetkan pertumbuhan hingga 7 persen di tagun ini. Target ini dapat dicapai dari agregat pertumbuhan ekonomi yang ada di Daerah - Daerah. Kepala Daerah harus turut andil memberikan kontribusi dan kerja keras dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi ini.


"Kita harus optimis dan kerja keras untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional, namun tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap peningkatan kasus aktif Covid - 19. Semuanya itu bisa dicapai dengan adanya sinergitas dan kerjasama yang baik serta dukungan dari semua pihak", tutup Jokowi.

 

#GP | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS