Antisipasi Penyakit DBD Dan Malaria, Makodim 0105/Abar Di Fogging Oleh Dinkes Aceh Barat - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Antisipasi Penyakit DBD Dan Malaria, Makodim 0105/Abar Di Fogging Oleh Dinkes Aceh Barat

Sabtu, Mei 22, 2021

Aceh Barat(ACEH).GP- Petugas dari Dinas Kesehatan Aceh Barat (Puskesmas Johan Pahlawan) melakukan Fogging atau pengasapan di Komplek Makodim 0105/Abar sebagai langkah preventif mengantisipasi penyebaran penyakit oleh nyamuk sekaligus membasmi berkembangnya wabah sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria, Sabtu (22/5/2021)


Adapun sasaran utama dari pengasapan ini adalah Komplek Perumahan Dinas, Perkantoran dan Mushollah baik menyasar pada bagian luar maupun dalam.


Saat ini, Fogging atau pengasapan menjadi salah satu metode yang sering digunakan dalam memberantas dan membasmi sarang nyamuk demam berdarah dengan harapan dapat meminimalisir berjangkitnya nyamuk Aides Aigypti yang menjadi ancaman penyakit berbahaya bagi manusia seperti DBD, malaria hingga chikungunya. Yang mana potensi penularannya melalui gigitan nyamuk.


Fogging juga dinilai efektif untuk mencegah berkembangnya nyamuk DBD sampai radius 100 meter, dimana jarak tersebut merupakan jarak optimal bagi nyamuk dewasa untuk berpindah tempat. Dengan droplet insektisida yang dihasilkan dari Fogging bisa memastikan dan mematikan bagi nyamuk yang kontak langsung.


Berdasarkan hal tersebut, Pihak Dinas Kesehatan melakukan Fogging keseluruh penjuru Komplek Makodim meliputi luar - dalam Ruangan Kantor, Perumahan Dinas, Mushollah serta saluran air atau dimana ada titik tempat genangan air serta areal terbuka seputaran Makodim. Semua ini guna memberantas keberadaan nyamuk Aides Aigypti yang menjadi aktor utama sebagai perantara penyebaran penyakit DBD. Ini juga sebagai upaya langkah antisipasi agar anggota serta keluarga yang berada di asrama Makodim dan sekitarnya sehat, aman tidak sampai menderita ataupun terjangkit penyakit yang sangat membahayakan.


Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S Sos., M.A.P., mengungkapkan bahwa saat ini telah memasuki musim penghujan, yang mana musim ini sangat subur bagi nyamuk untuk berkembang biak.


"Jadi, untuk tindakan pencegahan DBD dan Malaria, Kami bekerjasama dengan Dinkes Aceh Barat melalui Puskesmas Johan Pahlawan melakukan pengasapan di seputran Makodim. Sistem Fogging ini bisa membombardir sarang nyamuk bahkan membasmi jentik nyamuk. Sehingga pengasapan ini bisa mencegah penyakit DBD maupun Malaria yang penularannya identik melalui gigitan nyamuk. Selain itu, kita juga akan lebih meningkatkan menjaga kebersihan lingkungan dengan 3 M, yakni Mengubur barang bekas, Menutup tempat penampungan air dan Menguras bak mandi. Tujuannya adalah menjaga kesehatan Prajurit serta keluarganya", terang Dandim.

 

#GP | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS