Usut Tuntas Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Usut Tuntas Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Senin, Maret 29, 2021



Makasar(SULSESL).GP- Aksi bom bunuh diri terjadi lagi di depan Gereja Katedral di Jalan Kajaolalido, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar Sulawesi Selatan pada 28 Maret 2021 sekitar pukul 10.30 WITA. Kejadian tersebut di sela pelaksanaan ibadah Misa Minggu Palma. Akibat aksi bom bunuh diri tersebut disebutkan jumlah korban hingga hari ini menjadi 20 orang dan sejumlah kendaraan rusak.


Di lokasi kejadian, polisi menemukan potongan tubuh manusia yang diduga sebagai salah seorang pelaku. Jumlah pelaku diperkirakan dua orang, melakukan aksinya dengan mengendarai sepeda motor. Disebutkan mereka sempat memaksa masuk ke gereja sebelum melakukan aksinya, namun dapat dicegah apparat keamanan. Saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki dan menginvestigasi kasus tersebut lebih dalam.


Seperti biasa, aksi teror yang telah menyebabkan jatuh korban ditanggapi oleh berbagai kalangan. Presiden Jokowi menyebut aksi teror di gereja Katedral tidak ada kaitannya dengan agama manapun. "Terorisme adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan tidak ada kaitannya dengan agama apapun. Semua ajaran agama menolak terorisme apapun alasannya," ungkap Presiden. 


Presiden juga mengutuk keras aksi terorisme yang menimpa sejumlah jemaat tersebut. "Saya sudah perintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan-jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akar-akarnya," ujarnya.


Presiden Jokowi meminta masyarakat tetap tenang beribadah lebih lanjut karena seluruh aparat negara tidak akan membiarkan tindakan terorisme. "Saya mengajak semua masyarakat memerangi terorisme, radikalisme yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, nilai-nilai luhur kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan dan kebhinekaan. Untuk para korban yang luka-luka, kita doakan segera sembuh dan negara menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan para korban," tegas Presiden. 


Sementara itu, Menkopolhukam, Mahfud Md mengutuk kejadian itu dan menegaskan, pemerintah akan mengusut tuntas aksi teror ini. Termasuk menyelisik jaringan yang diduga terkait dengan aksi ini. "Pemerintah mengutuk keras teror bom bunuh diri tersebut dan akan terus melakukan pengejaran terhadap jaringan para pelakunya," katanya.


Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengutuk keras kejadian ledakan yang diduga bom di gereja Katedral tersebut. "MUI mengutuk dengan keras tindakan pelaku peledakan bom di Makassar yang membuat ketakutan di tengah-tengah masyarakat," ujar Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas.


MUI meminta kejadian ledakan di depan Gereja Katedral Makassar tak dikaitkan dengan agama atau suku tertentu, imbuhnya.


Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto mengutuk keras kejadian ledakan diduga bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar.


Pihaknya meminta polisi mengusut tuntas kejadian ini. "Atas kejadian tersebut, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengutuk keras, dan meminta Polri segera menangkap siapa pun yang terlibat dalam tindakan teror yang tidak terpuji tersebut," kayanya.


Menurut Sunanto, ledakan bom tersebut menyakiti hati seluruh masyarakat Indonesia. Perbuatan teror itu menurut dia adalah kejahatan terhadap kemanusiaan.


Hal senada juga disampaikan Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini dan meminta masyarakat tak terprovokasi atas kejadian tersebut. "Mengimbau Kepada masyarakat dan segenap warga untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi sehingga melakukan hal-hal yang justru dapat memperkeruh suasana," himbaunya.


Helmy meminta kepada masyarakat untuk menyerahkan pengusutan kejadian ini kepada aparat penegak hukum. 


Semantara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang yang langsung ke lokasi saat kejadian, mengatakan agar warga tidak memposting gambar-gambar ledakan ini. “Kami meminta kepada warga untuk tetap tenang dan serahkan prosesnya kepada aparat keamanan. Kami juga minta warga agar jangan posting gambar-gambar ledakan apalagi korban ledakan," katanya.


Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) juga mengutuk keras insiden dugaan bom bunuh diri yang terjadi di depan gereja Katedral Makassar.


JK berharap, aparat berwajib bisa segera mengungkap motif serta menangkap jaringan pelaku yang berada di balik aksi keji tersebut.


Menurut JK, segala bentuk teror tidak bisa ditoleransi. Sebab, dalam semua agama tindakan apa pun dalam bentuk teror tak dapat dibenarkan.


Juru Bicara Kementrian Kominfo, Dedy Permadi mengimbau masyarakat tidak memviralkan dengan menyebarluaskan konten sensitif, terkait insiden ledakan diduga bom bunuh di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.


"Kami mengimbau hal itu tidak disebarluaskan, baik berupa video maupun foto berisi aktivitas kekerasan, potongan tubuh, luka-luka, dan konten-konten lainnya, tidak selayaknya untuk dibagikan kepada public. Aktivitas terorisme, baik di ruang fisik maupun ruang digital tidak dapat ditoleransi dan harus diantisipasi dengan kerja bersama dari seluruh komponen bangsa," ungkapnya.


Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas juga mengutuk keras aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral.


Menurut dia, aksi tersebut menodai ketenangan hidup bermasyarakat dan jauh dari ajaran agama. "Apapun motifnya, aksi ini tidak dibenarkan agama karena dampaknya tidak hanya pada diri sendiri juga sangat merugikan orang lain," ujarnya.


Dia juga mengharapkan, agar kepolisian dapat segera mengungkap latar belakang aksi ledakan bom bunuh diri tersebut.

 

Juru bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi juga mengutuk keras aksi dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Kota Makassar.


Dia menyebut, aksi tersebut merupakan bentuk penyalahgunaan agama.


Masduki meminta kepolisian segera mendalami pelaku dugaan bom bunuh diri tersebut, dan mendorong kepolisian mengungkap dalang dan motif aksi yang menewaskan sejumlah orang itu.


Jadi pada intinya bahwa, aksi terorisme adalah kejahatan dan tidak dibenarkan oleh agama apapun. Sebagaimana keinginan Presiden Jokowi dan segenap komponen masyarakat kasus aksi yang diduga bom tersebut harus diusut tuntas apa motifnya dan siapa dalang di belakangnya.


Hal ini perlu dilakukan secara transparan, agar tidak memunculkan saling kecurigaan diantara masyarakat. 


#GP | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS