Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2022. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Rabu, Maret 31, 2021

Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2022.


Sijunjung(SUMBAR).GP- Bupati Sijunjung Benni Dwifa Yuswir membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) Kabupaten Sijunjung tahun 2022 di Gedung Pancasila Muaro, Rabu (31/3).

Musrenbang tersebut dihadiri Ketua DPRD, Wakil Bupati, Forkompinda, Pejabat Bappeda Sumbar dan beberapa orang mewakili Kepala Dinas Propinsi Sumbar, Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan BUMN, BUMD,  Ketua TP PKK dan Ketua GOW Kabupaten Sijunjung dan undangan lainnya.


Musrenbang diikuti perwakilan delegasi kecamatan dan unsur OPD Kabupaten Sijunjung secara tatap muka di aula Gedung Pancasila dan  secara virtual melalui aplikasi zoom metting dengan  menerapkan protokol tetap (Protap) kesehatan.


Dalam sambutannya Bupati Benni Dwifa, menyampaikan antara lain Musrenbang merupakan forum resmi sesuai amanah undang-undang sebagai wadah bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan untuk duduk bersama, berdiskusi, membahas dan menyusun berbagai program dan kegiatan yang akan kita laksanakan guna menjawab permasalahan daerah dalam mensejahterakan masyarakat.


Keberhasilan pembangunan yang akan kita laksanakan pada tahun 2022 nanti,  sangat dipengaruhi oleh kualitas perencanaan yang kita susun pada saat Musrenbang ini. Oleh sebab itu, kami dan Wakil Bupati Sijunjung selalu mengawal dan memastikan agar setiap tahapan perencanaan itu terlaksana dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.


Disebutkan Benni, berdasarkan evaluasi hasil capaian indikator makro pembangunan mengalami tekanan yang cukup serius akibat pandemi covid-19. Terjadi perlambatan terhadap pertumbuhan ekonomi, peningkatan pengangguran serta perlambatan terhadap sektor sektor lapangan usaha.


Lebih lanjut Benni mengutarakan RKPD tahun 2022 merupakan tahun pertama pelaksanaan periode RPJMD 2021-2026. Oleh sebab itu secara substansial penyusunan RKPD tahun 2022 harus mengacu kepada Visi dan Misi kepala daerah terpilih hasil Pemilukada tahun 2020 baru lalu.


Visi pembangunan tahun 2021-2026 yang menjadi Patron dalam penyusunan RKPD tahun 2022 adalah " Kabupaten Sijunjung yang sejahtera, Unggul dan Berbudaya menuju Masyarakat Madani" yang dirumuskan ke dalam 4 misi pembangunan.


Adapun 4 misi tersebut, lanjut Benni pertama meningkatkan kualitas pelayanan publik yang efektif, efisien dan responsif berbasis reformasi birokrasi. Kedua meningkatkan daya saing ekonomi daerah berbasis pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pariwisata. Ketiga meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sehat dan produktif berbasis teknologi dalam tatanan ABS-SBK. Keempat meningkatkan kualitas infrastruktur dan prasarana dasar serta pemanfaatan sumber daya alam berwawasan lingkungan.


Menurut Benni, untuk menanggulangi dan mengantisipasi dampak pandemi covid-19, sejalan dengan visi, misi kepala daerah terpilih, tema dan program perioritas pembangunan propinsi dan nasional, maka tema RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2022 adalah "Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan".


Musrenbang berlangsung dua sidang pleno. Pleno pertama merupakan  acara pembukaan diisi dengan laporan Kepala Bapppeda Sijunjung dan  pemaparan dari pejabat Bappeda Propinsi secara virtual, sambutan Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan dan sambutan serta peresmian Musrenbang oleh Bupati Benni Dwifa Yuswir.


Sedangkan pleno kedua sesudah istirahat, solat dan makan (isoma) siang,  merupakan diskusi dan musyawarah menurut tiga kelompok. Kelompok A bidang Pemerintahan dan Pembangunan manusia, Kelompok B bidang Perekonomian dan kelompok C bidang Infrastruktur dan Kewilayahan.


#GP  |  Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS