Bupati Bogor Harap KEK Lido Serap Banyak Tenaga Kerja Untuk Pemulihan Ekonomi - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Bogor Harap KEK Lido Serap Banyak Tenaga Kerja Untuk Pemulihan Ekonomi

Kamis, Maret 11, 2021


Bogor(JABAR).GP- Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta PT MNC Land Tbk. (KPIG) berkolaborasi percepat pembangunan Kawasan Lido yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dengan membangun Lido Arts and Music Center di MNC Lido City. Ditandai dengan commentcement of construction Lido Music and Arts Center, Rabu (10/3). Itu dilakukan untuk membangkitkan dan pemerataan ekonomi tiga daerah yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kabupaten Sukabumi, ditengah pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menuturkan, pembangunan Lido Arts and Music Center di tengah pandemi Covid-19 dan keterpurukan ekonomi menjadi momen yang sangat strategis untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi di negara Indonesia.

"Kami berharap pembangunan Lido Arts and Music Center ini akan nampu menciptakan lapangan kerja, peluang usaha dan pemerataan lapangan kerja bagi Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten/Kota disekitarnya," ungkap Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, akan ada 21 ribu tenaga kerja langsung dan 84 tenaga kerja tidak langsung. Artinya ada 100 ribu lebih lapangan kerja yang akan dihasilkan MNC Grup melalui Lido Arts and Music Center. Selain itu kehadiran Lido Arts and Music Center, juga dapat menampung karya ekonomi kreatif Kabupaten Bogor dan Kabupaten/Kota lainnya di Jabar, juga dapat merangkul desa wisata.

"Harapan kami MNC Grup komitmennya bisa jadi harapan kita agar segera bangkit dari pandemi dan keterpurukan ekonomi. Lido Arts and Music Center ini akan menjadi pariwisata berbasis kualitas berkelanjutan dan digital. Mudah-mudahan ini akan memacu geliat ekonomi agar kita bangkit di era digital ini," jelasnya.

Selanjutnya, Executive Chairman MNC Grup, Hary Tanoesoedibjo, menjelaskan, Lido Arts and Music Center, yang sepenuhnya dimiliki KPIG ini dibangun di atas lahan seluas 5 hektar dengan konsep amphitheater, menjadikannya tempat festival musik dan seni outdoor terbesar di Indonesia. Dibangun untuk menampung lebih dari 50.000 pengunjung dalam satu acara, venue ini memiliki 4 panggung berbeda untuk mengakomodasi pertunjukan yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Pembangunan Lido Music and Arts Center ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021.

Lido Arts and Music Center akan menjadi tujuan utama penyelenggaraan berbagai festival musik dan seni bertaraf internasional di Asia Tenggara. Selain festival musik dan seni, Lido Arts and Music Center dapat dimanfaatkan untuk berbagai acara lain seperti festival olahraga berbagai pertunjukan, pertemuan budaya dan sosial, dan lain-lain. Berbagai fasilitas penunjang juga disiapkan untuk kenyamanan dan keamanan para pengunjung seperti retail & dining, berikut berbagai akses transportasi.

Menurutnya saat ini, Indonesia masih belum memiliki fasilitas outdoor venue festival musik dan seni berkelas internasional, untuk mengakomodasi acara seperti Coachella Valley Music and Arts Festival di California, Amerika. Coachella merupakan festival musik terbesar dan paling terkenal di dunia, yang dalam periode acaranya mampu menyerap sekitar 250.000 pengunjung dari seluruh dunia.

“Kami optimistis kehadiran Lido Arts and Music Center di MNC Lido City akan menjadi daya tarik yang menjanjikan, juga dapat mendukung program pemerintah sebagai destinasi wisata baru, yang mana sekaligus memajukan industri musik dan kesenian Indonesia," ujar Hary Tanoesoedibjo.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, pembangunan Lido Arts and Music Center dapat membuka lapangan pekerjaan disektor pariwisata yang merupakan salah satu lokomotif perekonomian. Juga dapat mendorong pariwisata di Indonesia khususnya di Jabar serta dapat  menjadi tempat wisata baru yang bisa mendorong semua ekonomi kreatif, seni budaya, dan wirausaha baru yang akan meningkatkan pendapatan Pemerintah Daerah dan mempecapat laju pertumbuhan ekonomi daerah dan mendorong laju investasi di Jawa Barat.

"Mudah-mudahan dengan ada Lido Arts and Music Center menjadi sebuah kebanggaan nasional khususnya masyarakat Jawa Barat dan menjadi kawasan wisata baru dengan mengusung integrated tourism yang terbesar di Asia Tenggara sehingga dapat berperan aktif berkontribusi dan mendukung percepatan pencapaian target Pemerintah Pusat maupun Daerah melalui peningkatan jumlah kunjungan domestik maupun internasional," sambung Wagub.

Bupati Bogor, Ade Yasin menanggapi, sesuai visi misi Kabupaten Bogor salah satunya menjadikan Kabupaten Bogor Sport and Tourism. Di Lido Arts and Music Center semua tersedia mulai dari tourism maupun sportnya dengan sejumlah fasilitas yang lengkap.

"Kami berharap kehadiran Lido Music and Sport bisa menyerap banyak tenaga kerja karena tenaga kerja dimasa pandemi ini banyak yang kena PHK dan lainnya. Semoga ini menjadi solusi bagi pengangguran di Kabupaten Bogor serta mempercepat pemulihan ekonomi," tukas Ade.



#GP | Ce | Sumber: Diskominfo Kabupaten Bogor | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS