Upaya Peningkatan Kerjasama Ekonomi dan Sosial Budaya di Kota Gabala - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Selasa, 17 November 2020

Upaya Peningkatan Kerjasama Ekonomi dan Sosial Budaya di Kota Gabala


Gabala(AZERBAIJAN).GP- Sebagai salah satu upaya untuk mencari peluang pasar yang lebih besar dan pengembangan kerjasama ekonomi, perdagangan dan sosial budaya antara Indonesia – Azerbaijan,  KBRI Baku telah melakukan kunjungan ke kota Gabala pada 9 – 11 November 2020.

Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk semakin memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Azerbaijan di daerah-daerah mengenai potensi pariwisata, kesenian dan kebudayaan Indonesia sehingga diharapkan semakin banyak warga Azerbaijan yang akan berkunjung ke Indonesia.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, KUAI RI, Ingan Malem melakukan pertemuan dengan Wakil Walikota Gabala, Arif Allahverdiyev dimana pihak Gabala menyambut baik rencana peningkatan kerjasama kedua negara.Terdapat pandangan yang sama bahwa perlu dibentuknya kerjasama sistercity antara kota Gabala dengan kota-kota di Indonesia yang memiliki kateristik yang sama. Beberapa potensi kerjasama yang akan ditindaklanjuti antara lain dalam bidang pertanian dan buah-buahan, perternakan, pabrik, pariwisata dan seni budaya di Indonesia.

Guna langkah konkrit kerjasama dalam bidang ekonomi dan perdagangan, maka dilakukan pula Business Meeting dengan pengusaha Gabala yang bergerak dalam sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Gabala Canning Factory yang merupakan salah satu pabrik produsen makanan dan minuman kaleng terbesar di Wilayah Kaukasus Selatan. Dalam kunjungan tersebut, KBRI berkesempatan untuk secara langsung melihat proses produksi hingga proses pengemasan produk-produk makanan dan minuman. Gilan Gabala Cannery tercatat memproduksi jus murni, pure (mashed food), selai, pickled goods serta makanan kaleng. Produk-produk Gilan Gabala Cannery dipasarkan di market domestik Azerbaijan serta diekspor ke sejumlah negara antara lain AS, Yunani, Jerman, Rusia, Ukraina, Belarusia, Estonia, Latvia serta Georgia.

Dibidang sosial Budaya, sebagai kota yang juga selalu menyelenggarakan kegiatan kebudayaan seperti festival musik dan budaya di Gabala, KBRI kedepannya akan turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Festival dan seni yang diselenggarakan oleh Pemda Gabala sebagai bagian dari peningkatan  kerjasama seni budaya.

Gabala merupakan daerah dengan pembangunan ekonomi paling cepat di Azerbaijan, sebagai kota industri, kota destinasi wisata dengan infrastruktur yang mendukung berupa resort dan hotel bertaraf internasional.Diharapkan  bahwa bentuk kerjasama yang terjalin dapat diimplementasikan secara konkrit di masa depan sehingga memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di kedua negara.


#GP | Ce | Sumber: KBRI Baku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...


Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS