KOREM 172/PWY BERSAMA BMKG MELAKSANAKAN KEGIATAN LATIHAN PENANGGULANGAN TSUNAMI - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOREM 172/PWY BERSAMA BMKG MELAKSANAKAN KEGIATAN LATIHAN PENANGGULANGAN TSUNAMI

Kamis, November 12, 2020


 
Jayapura(PAPUA).GP- KOREM 172 / PWY Bersama BMKG Jayapura melaksanakan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana tsunami (Latgulbencal) yang diselenggarakan di Pantai Holtekamp, Jayapura pada hari Kamis tanggal 12 November 2020. Kegiatan latihan difokuskan melakukan materi simulasi penanganan dan evakuasi korban Tsunami. 


Kegiatan ini mensimulasikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta pergerakan unsur-unsur pasukan beserta perlengkapannya yang terlibat dalam penanganan dan evakuasi korban mulai dari embarkasi materiil dan personel, seperti keadaan bencana yang sebenarnya. 


Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan bahwa kegiatan ini mensimulasikan penanganan korban Tsunami didaratan maupun perairan dengan mengutamakan unsur - unsur internal satuan pelaksana, satuan teknis yang dibantu oleh unsur dan stakeholder terkait.


“Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan, merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit maupun satuan Korem 172/Praja Wira Yakthi dalam mengantisipasi bahaya bencana alam khususnya Tsunami”, kata Izak. 


Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait, dalam melaksanakan operasi bantuan dalam menangani penanggulangan bencana alam khususnya Tsunami.


Sementara itu Plt. Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Tato Agustinus, S.Si melalui Kepala Sub Bidang Pengumpulan dan Penyebaran, Dedy Irjayanto, S.Si, M.Sc menyampaikan bahwa wilayah Kota Jayapura merupakan daerah yang rawan terhadap Gempabumi dan Tsunami. Khusus Tsunami, Wilayah Kota Jayapura merupakan daerah yang rentan terhadap tsunami lokal maupun jauh. Hal ini pernah terjadi di tahun 2011 di wilayah Holtekamp terdapat kerusakan infrastruktur dan korban jiwa yang diakibatkan oleh Gempabumi dan Tsunami yang terjadi di Jepang. 


“Kita tidak tahu kapan bencana itu akan datang. Untuk itu kegiatan seperti ini sangat diperlukan agar tetap menjaga kesiap-siagaan instansi-instansi terkait dalam penanggulangan bencana alam”, ujarnya. 


Pada kegiatan ini menggunakan Simulasi Gempa bumi yang terjadi di Wilayah Utara Papua dengan Parameter gempabumi  M 8.5 yang terjadi pada tanggal 12 Nov 2020 pukul 10:00:29 WIT dengan lokasi di Lintang: 0.69 LS, Bujur 138.44 BT (186 Km Barat Laut Sarmi dengan kedalaman 10 km dan Berpotensi Tsunami.


Pelatihan ini diikuti juga oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jayapura, Badan SAR Nasional (Basarnas), dan instansi lain yang terkait.


 

#GP | Penrem172


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS