Indonesia-Slowakia, Luncurkan Situs “Virtual Indonesian House” - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Indonesia-Slowakia, Luncurkan Situs “Virtual Indonesian House”

Minggu, September 27, 2020

Bratislava(SLOWAKIA).GP- Di tengah pandemi COVID-19, roda diplomasi tidak boleh berhenti. Hubungan ekonomi Indonesia – Slowakia tetap harus bergerak walau saat ini Slowakia sedang berada di fase ke-2 pandemi COVID-19. Untuk itu, KBRI Bratislava dan Kemlu didukung oleh KADIN RI menyelenggarakan pertemuan bisnis dan peluncuran Virtual Indonesian House Slovakia secara daring dengan tema “Embrace Potential Economic Cooperation Indonesia – Slovakia" di Jakarta dan Bratislava, Slowakia (23/09/2020).

Duta Besar Indonesia untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady  menyampaikan bahwa memperhatikan situasi dunia yang tengah dilanda pandemi COVID-19, penggunaan platform berbasis digital merupakan suatu keniscayaan. Hal ini menjadi pertimbangan bagi KBRI Bratislava untuk menjembatani kalangan bisnis dari kedua negara agar dapat saling berkomunikasi dan mendapatkan sumber informasi yang terpercaya. Situs ini merupakan platform yang menyajikan informasi mengenai perdagangan, investasi, pariwisata, dan budaya kepada berbagai pemangku kepentingan di Slowakia. Platform ini juga sebagai showcase berbagai produk unggulan Indonesia, peluang dan potensi bisnis dagang dan investasi dengan Indonesia, serta menyajikan company profile berbagai perusahaan di Indonesia yang dapat digandeng sebagai mitra bisnis.

 Menurut Dubes Adiyatwidi, situs ini telah diakui oleh pemangku kepentingan di Slowakia seperti Kemenlu Slowakia, KADIN Slowakia dan Badan Pengembangan Investasi dan Perdagangan Slowakia. Sehingga ke depannya perusahaan-perusahaan Slowakia yang kredibel juga dapat terdaftar pada situs ini guna menjadi rujukan bagi kalangan bisnis Indonesia. Dubes Adiyatwidi juga memperlihatkan majalah KBRI Bratislava Nádherná Indonézia (Magnificent Indonesia) sebagai bentuk komunikasi mengenai update Indonesia terkini kepada publik di Slowakia.

Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Dubes Ngurah Swajaya, sebagai pembicara utama menyampaikan bahwa dalam konteks hubungan diplomatik, kedua negara telah bekerja sama di berbagai sektor antara lain pertanian, energi dan industri strategis. Masih banyak potensi di bidang ekonomi yang dapat dikapitalisasi untuk dikembangkan. Ketersediaan platform Virtual Indonesian House diharapkan dapat meningkatkan hubungan dagang dan investasi yang saling menguntungkan pada era baru ini. Dubes Swajaya menyampaikan apresiasi kepada Dubes RI dan tim yang di masa sulit ini telah melakukan inovasi sebagai pintu promosi komoditi Indonesia di Slowakia dan negara sekitar, yang pada gilirannya memperkuat hubungan dagang kedua negara. Dubes Swajaya juga menekankan bahwa di era baru, Indonesia melakukan diplomasi vaksin untuk menjamin ketersediaan medical and health equipment sehingga dibutuhkan kerja sama dengan berbagai negara. Dubes Swajaya mendorong kalangan bisnis kedua negara untuk meningkatkan saling kontak melalui fasilitasi yang disiapkan oleh KBRI Bratislava.

loading...
Apresiasi juga disampaikan Dirjen Kerja Sama Ekonomi Kemenlu dan Urusan Eropa Slowakia, Dubes Dusan Matulay atas inisiatif kegiatan dan peluncuran Virtual Indonesian House. Disebutkan bahwa Indonesia telah dikenal oleh publik Slowakia baik dalam hal komoditi unggulan maupun sebagai destinasi wisata. Dubes Dusan juga berharap terbukanya peluang kerja sama antara kedua negara di bidang perubahan iklim, teknologi informasi dan komunikasi serta energi terbarukan. Selain itu, Dubes Dusan menyambut baik kerja sama di bidang kesehatan yang dapat dijajaki oleh kedua negara.

Ketua Komite Eropa Tengah KADIN RI, Sulaiman Saleh, menyatakan dukungan KADIN RI untuk peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara. Hal yang sama diutarakan oleh Direktur Kadin Regional Bratislava, Juraj Majtán. Situs Indonesian House diyakini akan menjadi platform yang bermanfaat dalam hubungan kerja sama di bidang ekonomi kedua negara.

Pada pertemuan bisnis, perusahaan Indonesia seperti Wilmond Indonesia, Kairo Millenium Resources memperkenalkan produk-produknya kepada pebisnis Slowakia yang hadir. Sementara, Direktur Indonesian Investment Promotion Center di London, Aditya Prasta, memberikan presentasi mengenai prospek berinvetasi di Indonesia. Selain itu, perusahaan Slowakia, Microsteps-MIS yang bergerak di bidang monitor cuaca berbagi pengalamannya dalam berbisnis dengan Indonesia. Kegiatan webinar ini, selain diikuti secara daring oleh para pengusaha Indonesia dari berbagai sektor, juga dihadiri pebisnis Slowakia yang bergerak di bidang otomotif, makanan dan minuman, alutsista, elektronik, penerbangan dan komponen permesinan.

Untuk sementara ini, pada situs Indonesian House sudah terdaftar 56 perusahaan Indonesia dari berbagai sektor, antara lain suku cadang, sepeda, kelapa, kopi, elektronik, furniture, garment, herbal, forest product, mineral & fertilizer, motor, packaging, polyester, seafood, sorbitol, rempah-rempah, tire dan berbagai produk unggulan lain, serta agen perjalanan Indonesia yang telah menjual paket wisata Indonesia kepada publik Slowakia. Publik dapat mengunduh situs Virtual Indonesian House pada https://indonesianhouse.sk/


#GP | Sumber: KBRI Bratislava | Ce



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS