Dorong Peningkatan Investasi Jepang di Indonesia, KBRI Tokyo gelar Forum Investasi Indonesia - Jepang



Tokyo(JEPANG).GP- Sebagai salah satu langkah strategis untuk menarik investasi, relokasi maupun diversifikasi perusahaan multinasional Jepang ke Indonesia, Indonesia melalui Perwakilannya di Tokyo bekerja sama dengan Japan Indonesia Association (JAPINDA) selenggarakan kegiatan seminar daring investasi bertajuk “Indonesia in the New World Economic Paradigm: Your Best Investment Destination" (25/08/2020).


loading...
“Tidak ada negara manapun yang dapat menghindari dampak perlambatan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Namun demikian, pada triwulan kedua 2020, ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara middle income countries lainnya," ujar Menko Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan yang merupakan salah satu pembicara kunci pada kegiatan tersebut.

Pemerintah Indonesia pun gencar menawarkan berbagai macam insentif investasi, diantaranya dengan menyiapkan kawasan industri terintegrasi di Batang dan Batam. Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menegaskan Pemerintah tidak memilih-milih investasi yang masuk. “Di tengah pandemi COVID-19 ini, Pemerintah Indonesia berharap investasi yang masuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. BKPM berkomitmen akan bantu fasilitasi perijinan bagi para investor," demikian komitmen Kepala BKPM RI. 


Forum investasi Indonesia-Jepang yang dihadiri oleh lebih dari 400 pebisnis/investor dari kedua negara tersebut tidak hanya berbicara dari persepektif Indonesia. Mantan Perdana Menteri Jepang yang juga merupakan Presiden JAPINDA, Yasuo Fukuda turut menyampaikan pesan positif bahwa kerja sama Indonesia dan Jepang khususnya di bidang ekonomi akan terus menguat dan dapat membawa kedua negara keluar sebagai pemenang dari tantangan pandemi COVID-19 ini.

Berdasarkan data BKPM, Jepang merupakan asal investor terbesar kedua di Indonesia dengan nilai investasi kumulatif mencapai US$ 22,53 milyar dari tahun 2015-2019.

#GP | Ce | Sumber: KBRI Tokyo

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS