120 WNI Anak Buah Kapal Mein-Schiff Pulang ke Indonesia - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

120 WNI Anak Buah Kapal Mein-Schiff Pulang ke Indonesia

Senin, Mei 11, 2020

Berlin(JERMAN).GP- Perwakilan-perwakilan Indonesia di Jerman kembali memfasilitasi kepulangan ABK WNI dari Jerman. Pada pemulangan tahap kedua ini, 120 WNI awak Kapal Mein-Schiff 4 dan Mein-Schiff 6 bertolak ke Indonesia pada Jumat (08/05/2020).

Para WNI diterbangkan dengan pesawat Qatar Airways dari dua Bandara di Jerman, yaitu Frankfurt keberangkatan pukul 15.20 dan Munich keberangkatan pukul 16.10  menuju bandara Doha di Qatar. Dari Doha mereka akan melanjutkan penerbangan ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Qatar dan tiba di Cengkareng pada Sabtu sore (09 /05/2020).

Para WNI yang dipulangkan ke Indonesia adalah mereka yang masa kontraknya memang sudah habis atau akan habis dalam jangka waktu 30-60 hari mendatang. Akibat pandemi COVID-19, perusahaan secara praktis tidak lagi beroperasi sejak pertengahan Maret lalu.

Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno menyebutkan bahwa sejauh ini koordinasi dengan pihak perusahaan kapal pesiar Jerman dapat berjalan dengan baik. Semua perusahaan bertanggung jawab dan menanggung biaya pemulangan sesuai standar regulasi yang ada. “Mereka semua bertanggung jawab untuk memulangkan kru nya. Karena memang secara aturan mereka berkewajiban untuk itu. Bahkan sampai untuk pengaturan setelah tiba di Indonesia nanti, mereka yang tanggung. Cuma memang kebijakan internal perusahaan berbeda-beda. Jadi ada yang koordinasi lebih lancar dibandingkan dengan yang lain," jelas Dubes Havas.

Para WNI yang dipulangkan pada Jumat ini telah melalui serangkaian tes kesehatan sesuai dengan standar protokol yang ada. Masing-masing mereka juga dibekali dengan surat kelayakan perjalanan (fit to travel certificate) yang diperlukan saat ketibaan mereka di Jakarta. Dari Jakarta mitra perusahaan, PT Demarine akan bertanggung jawab untuk mengatur kepulangan para kru ke daerah masing-masing, yang sebagian besar berasal dari Bali, Surabaya dan Yogyakarta.



#GP | Ce | Sumber: KBRI Berlin | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS