10 Kunci Sukses Menurut Islam

Oleh: Maulana Farras Ilmanhuda

JAKARTA.GP- Dalam kehidupan ini, kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang baik secara materi maupun nonmateri. Setiap orang tentunya akan berlomba-lomba untuk meraih kesuksesannya masing-masing dengan caranya sendiri. Kebanyakan kita semua hanya mengandalkan kerja keras untuk meraih kesuksesan dan sering sekali kesuksesan itu dimaknai dan dilambangkan dengan tercukupinya material, sosial, psikologikal, emosional, dan spiritual. tapi lupa apa itu definisi sukses.

Pada prinsipnya, sukses menurut islam adalah seseorang yang berhasil mewujudkan cita-citanya terutama dalam hal kebaikan dengan rasa kebahagian baik di dunia maupun diakhirat. Untuk menjadi sukses sebenarnya sederhana saja, dalam HR Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni yang dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ disitu disebutkan “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”. Jadi kuncinya jadilah manusia yang memberi dampak positif dan bermanfaat kepada orang lain.

Lantas apa hal ini saja sudah cukup? tentunya harus ditambahkan berbagai aspek lain untuk menunjang apa itu sukses. Berikut ini aspek penting yang harus dipenuhi untuk menunjang kesuksesan.

Pertama, Niat. Apapun pekerjaan anda kalau tidak dilandasi dengan niat sama halnya akan sia-sia. Oleh karena itu, tancapkan niat yang mendalam dari hati anda untuk meraih kesuksesan dan nyatakan bahwa anda orang terpilih untuk sukses baik di dunia maupun di akhirat.

Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob RA berkata : “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhanya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.” (HR Bukhari Muslim).

Kedua. Beriman dan Bertaqwa kepada Allah SWT, Jika seseorang ingin sukses pastinya harus mendekatkan diri pada Tuhannya dengan menanamkan iman dan taqwanya kepada Allah SWT. Bagaimana mungkin apabila kita tidak mendekatkan diri dan beriman kepada Allah SWT, Allah SWT akan mengabulkan permintaan kita?

Ketiga, Miliki ilmunya. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim, kebanyakan orang yang hanya mengandalkan kerja dan kerja tanpa didasari dengan ilmunya sama halnya dengan berjalan di kegelapan. Dalam syairnya Muhammad bin Al-Hasan bin Abdullah menyampaikan “Belajarlah! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya. Dia perlebihan, dan pertanda segala pujian, jadikan hari-harimu untuk menambah ilmu. Dan berenanglah di lautan ilmu yang berguna.’’

Imam Syafi’i berkata “Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barang siapa menghendaki sukses akhirat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akhirat hendaklah diraihnya dengan ilmu.’’

Pelajari ilmunya sebelum anda bertindak, banyak orang sukses karena mereka mengetahui ilmunya.

Keempat, mau berproses untuk mengubah hidup. Bagaimana mungkin kalau anda hobinya rebahan, suka mencari kesalahan orang lain, bilang hidup ini tidak adil, dan menyalahkan masa lalu. Anda ingin sukses?

Di dalam Alqur’an Surat Ar-Ra’d ayat 11 menyebutkan bahwa “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya.”

Berproseslah, manfaatkan waktu dengan baik dan efisien. Jangan menyalahkan keadaan, tapi salahkan diri anda yang tidak mau berjuang. Push your limit and change your life. I believe you can do it.

Kelima, Sedekah. Didalam Alqur’an surat Al-Baqoroh ayat 261 menyebutkan bahwa “perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Maka bersedekahlah sebisa mungkin. Karena dengan sedekah dapat membersihkan diri dari dosa dan melipat gandakan rezeki kepada kita.

Keenam, Bersyukur. Dengan rasa syukur kita menunjukkan adanya nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Allah SWT berfirman di dalam Alqur’an Surat Ibrahim ayat 7 “ Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Apapun yang Allah SWT berikan kepada kita, hendaklah disyukuri dan bersyukur. Percayalah Allah SWT sudah mengatur skenario yang terbaik bagi hambanya karena segala rahmat dan karunianya dapat mendatangkan rizki yang lebih bagi kita semua.

Ketujuh, Istiqomah. Lakukan kerja keras, kerja cerdas anda dengan istiqomah dan bagi siapa yang istiqomah dalam hal kebaikan maka Allah akan memberikan ganjaran yang luar biasa.

Allah SWT berfirman dalam Alqur’an surat Al-Jinn ayat 16 “Jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (islam) benar-benar Kamu akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak)”.

Jangan pernah menyerah, tetap istqomahlah dan gapai goal-goal apa yang anda inginkan dan cita-citakan. Hidup kalau tidak diperjuangkan maka akan sia-sia.

Kedelapan, Amanah. Sifat amanah hendaknya melekat kuat dalam kehidupan umat islam, dengan menjadi orang yang amanah, maka orang lain pun akan menjadi percaya kepada kita. Bagaimana mau sukses kalau tidak amanah?

Allah SWT berfirman di dalam Alqur’an surat Al-Anfal ayat 8 yang menyebutkan “Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) jangan mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu sedangkan kamu mengetahui.”

Amanahlah dalam hal apapun, bilamana anda tidak amanah saat dipercaya oleh orang lain, maka anda akan mendapat kerugian dan keburukan yang luar biasa.

Kesembilan, Silaturrahmi. “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR. Muslim)

Jalin hubungan anda dengan saudara, rekan sejawat anda atau teman baru anda. Jika anda tidak pernah silaturahmi kepada saudara dan teman’’ anda, mulai sekarang aturlah jadwal untuk menjalin silaturahmi. Dengan menjalin silaturahmi Allah SWT akan meluaskan rezeki anda.

Terakhir, Jangan Sombong. Ketika anda sudah mencapai puncak kesuksesan dan anda sudah meraih impian-impian anda. Jangan merasa sombong sedikitpun dan melupakan Allah SWT. Bagaimana ketika anda sombong lalu Allah SWT membalikkan keadaan ekonomi, sosial, dll anda menjadi seperti dahulu atau bisa dikatakan miskin?

Allah berfirman dalam Alqur’an surat Luqman ayat 18 “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri."

Jika anda sudah sukses dan bisa meraih semuanya tetaplah rendah hati dan tambahkan nilai sedekah anda. Allah SWT akan menaikkan derajat anda.

Penutup

Pesan yang ingin penulis sampaikan mari kita bekerja keras, bekerja cerdas dan menjalan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya. Semoga tulisan penulis bisa bermanfaat dan kita semua tergolong orang yang sukses dunia dan akhirat. Aamiin

Tulisan ini hanya perspektif dari penulis, jika ditelaah lebih mendalam masih banyak faktor-faktor yang menunjang kesuksesan dari Alqur’an dan Al-Hadist. Terima Kasih

Stay Healthty and Stay Safe All. ***

#GP | RED

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS