Wakil Ketua BPK Terpilih Sebagai Anggota Independent Audit Advisory Committee - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wakil Ketua BPK Terpilih Sebagai Anggota Independent Audit Advisory Committee

Rabu, April 15, 2020

New York(AS).GP- Sidang Majelis Umum PBB (SMU PBB) telah secara resmi mengesahkan penunjukkan Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Dr. Agus Joko Pramono, sebagai anggota Independent Audit Advisory Committee (IAAC) PBB periode 2020-2022 dalam mekanisme silence procedure di New York (13/04/2020). Mekanisme Silence procedure merupakan mekanisme yang digunakan oleh PBB selama pandemi COVID-19.

Keputusan tersebut diambil setelah pada 10 Maret 2020, Komite V PBB (Komite Adminsitrasi dan Anggaran) secara aklamasi memutuskan untuk merekomendasikan Dr. Agus Joko Pramono sebagai anggota IAAC periode 2020-2022. Sebelumnya, pencalonan Dr. Agus Joko Pramono telah mendapatkan endorsement dari Kelompok Asia Pasifik (APG) pada 28 Februari 2020.

Dr. Agus Joko Pramono akan menggantikan Maria Gracia M. Pulido Tan dari Filipina dan akan segera bertugas sebagai wakil dari APG. Anggota IAAC lainnya saat ini adalah Janet St. Laurent (Amerika Serikat), Richard Quartei Quartey (Ghana), Dorothy A. Bradley (Belize), dan Mr. Anton V. Kosyanenko (Rusia).

IAAC merupakan badan subsider SMU PBB yang dibentuk berdasarkan resolusi SMU PBB No. 60/248 yang bertugas dalam kapasitas penasehat ahli (expert advisory capacity) dan membantu SMU PBB dalam memenuhi tanggung jawab pengawasan antara lain dalam mengawasi efektifitas kinerja the Office of Internal Oversight Services, manajemen risiko, pelaporan keuangan, operasional, dan peningkatan kerjasama antara badan pengawas dalam organ PBB.​

Terpilihnya Wakil Ketua BPK sebagai Anggota IAAC memiliki arti strategis bagi Indonesia terutama dalam mendorong upaya mewujudkan kerja dan organisasi PBB yang semakin transparan, efektif, dan efisien dalam menjawab tantangan global sekaligus meningkatkan keterwakilan Indonesia dalam posisi strategis di Organisasi Internasional.    



#GP | Ce | Sumber: Kementerian Luar Negeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS