Hari Juang Kartika Menjadi Hari Juang TNI AD. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Hari Juang Kartika Menjadi Hari Juang TNI AD.

Selasa, Desember 17, 2019

JAKARTA.GP- Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Candra Wijaya, dalam keterangannya setelah mengikuti Ziarah Rombongan ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019) menyatakan, dalam rangkaian kegiatan Hari Juang TNI AD,  selain bakti sosial dan karya bakti, pada kegiatan Hari Juang TNI AD ini juga dilaksanakan Ziarah Rombongan ke TMPNU Kalibata, Jaksel.

Selain para asisten Kasad, juga hadir Pangkostrad, Pangdam Jaya, Danjen Kopassus dan Dan/Ka Balakpus, Pengurus Pusat Persit KCK serta unsur pimpinan lainnya.

” Ziarah rombongan ini,  tersebar dan dilaksanakan secara serentak di masing-masing Kotama/Balakpus TNI AD,” ujar Kadispenad.

Dijelaskan lebih lanjut, perubahan Hari Juang Kartika menjadi Hari Juang TNI AD merujuk pada Perpres RI nomor 163 Th 1999 tentang penetapan Hari Juang TNI AD yang jatuh pada tanggal 15 Desember.

“Oleh karenanya, berdasarkan Perpres tadi, Kasad menerbitkan Keputusan Kasad Nomor Kep/1.000/X/2019, mulai Tahun ini, Hari Juang Kartika yang diperingati setiap tanggal 15 Desember diganti menjadi Hari Juang TNI AD,” tandasnya menambahkan.

Ditegaskan Candra,  Hari Juang TNI AD bukanlah Peringatan HUT TNI AD namun hari untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD, yang bahu-membahu dengan Rakyat dan berhasil mengusir penjajah dalam pertempuran di Ambarawa, Jawa Tengah.

“Sedangkan hari jadi TNI AD sendiri, pada dasarnya sama dengan TNI yang lain, TNI AL dan TNI AU karena sebagai hari lahir TNI yaitu tanggal 5 Oktober 1945,” tuturnya mengingatkan.

Kadispenad Brigjen TNI Candra Wijaya juga menjelaskan bahwa bagi TNI AD, Hari Juang TNI AD merupakan refleksi perjuangan dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, tidak bisa dipisahkan, guna menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara RI.

“Selain kegiatan internal, dalam peringatan inipun tetap menyertakankan kegiatan yang bermamfaat bagi masyarakat banyak, seperti bakti sosial maupun kegiatan lainnya. Sedangkan kegiatan syukuran sendiri akan dilaksanakan Selasa (17/12/19) secara terpusat dan tersebar di masing-masing wilayah,” pungkasnya mengakhiri.

#GP | Rils Dispenad | FD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS