Pemko Padang Optimis PAD 2019 Capai 80 %


Padang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kota Padang optimis pada akhir Desember 2019 perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang dapat mencapai 80 %. Meskipun hingga saat ini per November PAD masih dikisaran 58 %. 

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa saat membuka kegiatan Sosialisasi Saber Pungli, Pengendalian Resiko dalam Pelayanan Publik dan Pengelolaan PAD dilingkungan Pemerintah Kota Padang di  Palanta Rumah Dinas Wali Kota, jalan A. Yani No 11, Selasa (19/11/2019). Acara ini diinisiasi oleh Inspektorat Kota Padang.

Hendri menambahkan, langkah yang diambil Pemko Padang untuk mencapai target PAD adalah dengan menyisiri bagian-bagian wilayah Kota Padang yang berpotensi bisa menambah peningkatan jumlah PAD.

“Alhamdulillah, saat ini sudah ada 8 dari 17 OPD pengumpul PAD yang sudah mencapai lebih dari 55 %. Insha Allah jika terus kita genjot maka target  tersebut akan dapat dicapai,” jelasnya.

Wawako menyadari, penyebab tidak tercapainya PAD sesuai target, salah satu indiktor adalah kurang maksimal kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, pada 2020 Pemko berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat secara prima.

"Upaya lain dilakukan pada 2020 nanti adalah membuat semacam aplikasi yang bisa langsung terkoneksi dengan komputer pusat penerima PAD (non tunai) sehingga penyimpangan yang terjadi dilapangan dapat teratasi. Kita juga akan lakukan evaluasi setiap bulan terhadap capaian-capaian masing-masing SKPD," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Saber Pungli Kota Padang Haris Hadis mengatakan, penindakan bagi pelaku Pungli tidak ada yang namanya aturan atau SOP. Ketika menerima laporan akan langsung ditindaklanjuti. "Tidak ada SOP, tidak ada aba-aba, ketika kami mendapatkan informasi akan langsung kami selidiki, jika terbukti akan langsung kami tangkap," ungkap Wakpolres Kota Padang berpangkat AKBP itu.

Dikesempatan yang sama, Inspektur Kota Padang Corri Saidan mengatakan, sosialisasi ini betujuan menginformasikan dan penyamaan persepsi mengenai aturan atau regulasi terkait Saber Pungli demi terwujudnya komitmen tata kelola pemerintahan yang makin baik dan bersih dilingkup Pemko Padang.

“Peserta kegiatan Saber Pungli ini dihadiri lebih kurang 75 peserta dari OPD yang melaksanakan fungsi pelayanan publik sampai pada kecamatan, kemudian OPD yang langsung mengelola pendapatan asli daerah dilingkup Kota Padang. Narasumber pada kegiatan ini terdiri dari Kejaksaan Negeri Padang, Polresta Padang dan Obudsman Perwakilan Sumbar,” sebutnya.

#GP | CE | impiannews |Mul | RED.

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred