Kompak, Koramil Jajaran Kodim 0104/Atim Bersama Muspika Bagikan Masker Kepada Masyarakat

 

Langsa(ACEH).GP- Koramil jajaran Kodim 0104/Aceh Timur yang berada di wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur bersama unsur Muspika kompak membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di jalan wilayah binaan masing-masing, Selasa (24-09-2019).

Seperti hal nya yang dilakukan wilayah Koramil 20/Pante Bidari pagi tadi, yang bertempat di depan Polsek Pantee Bidari, Gampong Meunasah Tunong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur.

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) mengatakan bahwa kegiatan membagikan masker tersebut merupakan bentuk Bhakti TNI kepada masyarakat yang melintas di jalan umum, kegiatan ini guna mengatisipasi wabah penyakit akibat kebakaran hutan, "ungkapnya saat dikonfirmasi awak Media Go Parlement di Makodim, Jalan Jendral Ahmad Yani, Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Adapun kegiatan pembagian masker tersebut dilakukan oleh unsur Muspika  setempat yang dibantu oleh para Anggota Koramil dan Persit, Anggota Polsek dan Bhayangkari, Pemerintahan dan Ibu-ibu Pkk, dikarenakan polusi udara akibat dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimatan dan Riau, “jelasnya.

Pembagian masker tersebut dilakukan guna menghindari penyakit ISPA serta penyakit lain akibat dari polusi udara (asap) tersebut, serta dalam kesempatan tersebut, disampaikan pesan-pesan kepada masyarakat yang melintas bahwa bagi masyarakat yang tidak berkepentingan agar untuk tetap berada dirumah dikarenakan tingkat polusi udara (asap) semakin menebal.

Lanjutnya, asap akibat kebakaran hutan dan lahan mengandung berbagai gas berbahaya seperti sulfur dioksida (SO), karbon monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2) dan Ozon Permukaan (O3).

Jika seseorang menghirup asap karhutla dalam jangka waktu yang lama, khususnya bila kandungan CO yang tinggi membuat darah kekurangan oksigen akan menyebabkan tubuh lemas hingga pingsan.

Untuk itu kita harus menjaga kesehatan diri kita dari kabut asap akibat kebakaran karhutla seperti, Minum air putih, makanan antioksidan, Batasi keluar rumah, Pakai masker, Jaga kualitas udara dalam rumah, Penjernih udara, dan Segera periksa kesehatan kita, “ungkapnya.

Tak hanya di wilayah Kabupaten Aceh Timur saja, akan tetapi di seluruh wilayah Koramil jajaran Kodim 0104/Atim, seperti di Koramil 23/Langsa Timur tepatnya di depan Makoramil Jalan Medan-Banda Aceh Desa Seuneubok Antara, Kecamatan Langsa Timur, “pungkas Dandim.


#GP | FD

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred