Babinsa Kodim 0104/Aceh Timur Bersama Dinas Perikanan Pemko Langsa Sosialisasikan Budidaya Lele Dengan Bio Flok - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Babinsa Kodim 0104/Aceh Timur Bersama Dinas Perikanan Pemko Langsa Sosialisasikan Budidaya Lele Dengan Bio Flok

Kamis, Agustus 29, 2019
 

Langsa(ACEH).GP- Mempunyai usaha sampingan merupakan dambaan setiap orang, asalkan dalam mencari usaha sampingan tersebut tidak merugikan orang lain. Apalagi seorang Prajurit TNI, asal tidak mengganggu dinas dan tugas pokoknya, yang paling penting adalah tidak mengandung unsur resiko terlalu tinggi. Demikian harapan Babinsa Kodim 0104/Aceh Timur Serda Darlianto dalam upaya meningkatkan kesejahteran masyarakat, yang telah berhasil dalam membudidayakan ikan lele dengan menggunakan system Bio Flok.

Dengan wawasan yang ia miliki yakni ilmu membudidayakan ikan lele dengan Bio Flok, sekarang ia bersama Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Langsa mensosialisasikan budidaya lele dengan Bio Flok, serta menularkan ilmu kepada kelompok peternakan Desa Paya Bujok Seuleumak dalam berwira usaha, yang bertempat di Jalan Lilawangsa, Gang Kantor Geuchik, Desa Geudubang Jawa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Kamis (29-08-2019).


Kepada goparlement.com perwakilan dinas perikanan Eti Trisnawati (Penyuluh Kelompok) mengatakan, "Bagi masyarakat ini bisa menjadi salah satu alternatif usaha dalam mengisi kekosongan saat tidak ada pekerjaan. Kita tidak usah bingung mau bekerja apa, dengan budidaya lele bisa mengisi kegiatan kita dan juga bisa menambah penghasilan untuk keperluan keluarga. Budidaya lele ini tidak memerlukan lahan yang luas, serta modal yang terlalu besar. Kita bisa memanfaatkan pekarangan disekitar kita. Sehingga kita tidak perlu jauh-jauh dari keluarga," jelasnya.

Serda Darlianto juga menyampaikan tentang keunggulan budi daya lele dengan cara Bio Flok ini. Yang pertama “Lebih Hemat Air”. Berbeda dengan sistem konvensional, yang harus mengganti air untuk menghindari keracunan. Dalam sistem Bio Flok justru bisa mengubah bakteri di dalam air menjadi nutrisi yang baik untuk ikan lele. Sehingga sangat kecil kemungkinan untuk mengganti air.

Yang kedua “Lebih Hemat Pakan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sistem Bio Flok akan mengubah bakteri-bakteri menjadi gumpalan yang bisa difungsikan sebagai bahan pakan ikan lele," tandasnya.

Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut Babinsa Ramil 06/Dam Kodim 0104/Atim Serda Darlianto, Perwakilan dinas perikanan Eti Trisnawati, S. Pi (Penyuluh), Ketua kelompok Lorong Cempaka Desa Paya Bujok Seuleumak Suwandi, Ketua kelompok Lorong Utama Desa Paya Bujok Seuleumak Basri.


#GP | FD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS