Setiap Warga Negara Wajib Bela Negara

Talaud(SULUT).GP- Bertempat di SMAN 2 Melonguane di desa Kiama, Koramil 1312-08/Melonguane telah melaksanakan PLS (pengenalan lingkungan Sekolah) dan menyajikan materi tentang Bela negara Cinta tanah air dan peraturan Baris Berbaris, Selasa (16/7).

Danramil 08/Melonguane, Lettu Inf Rudolf J. Maariwuth menjelaskan, tetang kewajiban dalam pembelaan negara adalah merupakan kecintaan kita terhadap bangsa dan Negara  Kesatuan Ripublik Indonesia yang mempunyai wilayah teritorial yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke.

"Untuk itu, mari kita jaga dan pertahankan dan cinta kepada tanah air yang telah diamatkan oleh UUD1945 secara yurudis Pasal 27 ayat (3) menyatakan bahwa setiap warga Negara wajib dalam pembelaan negara dan UUD 1945 pasal 30 ayat 1 dan 2 menyatakan bahwa tiap-tiap WN berhak dan wajib ikut dalam pembelalan Negara dalam usaha pertahanan keamanan Negara melalui sustim pertahanan keamanan Rakyat semesta TNI dan kepolisian Negara RI sebagai kekuatan utama dan Rakyat sebagai kekuatan pendukung," paparnya.

Pelaksanaan PLS Danramil 08/Melongune, Melonguane Timur didampingi oleh Kapolsek, Ipda Dedy F. Matahri menyampaikan tetang  penanganan hukum apabila terjadi pelanggaran hukum dilingkungan sekolah, maupun diluar sekolah karena selama ini disinyalir terjadi perkelahian antar sekolah dan antar kampung dipicu oleh anak-anak muda termasuk anak sekolah SMA di sekolah maupun diluar sekolah.

Danramil juga menyampaikan tentang disiplin di sekolah melalui Latihan baris-berbaris dan peraturannya. "Peraturan baris-berbaris adalah suatu Wujud Latihan Fisik guna menanamkan kebiasaan dan disiplin dalam tata cara kehidupan yang diarahkan pada suatu perwatakan tertentu, untuk menjadi tingkat disiplin yang tinggi secara perorangan maupun kelompok dan diberikan latihan secara terus-menerus, sehingga tertanam rasa tangung jawab terhadap tugas yang diberikan kepadanya," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan praktek Baris-berbaris dilapangan sekolah SMAN 2 Kiama, Danramil 08/Mlg didampingi oleh 3 orang Babinsa, Sertu Yarit Amodi, Sertu Pransisco Pase dan Serda Sarlis Pontoh.

Adanya PLS yang dilaksanakan oleh Koramil  08/Mlg
di SMA 2 Melonguane yang berlokasi di desa Kiama Kepala sekolah (Kepsek), Anris Malensang, S.P.d. menyambut dengan sangat Antusias dan mendukung akan kehadiran kegiatan PLS dari pihak Koramil 08/Mlg dan Polsek di sekolahya.

"Terimakasih, sebab telah memberikan materi disekolah kami terhadap para siswa yang baru kelas 10,11 dan 12 SMAN 2 Melonguane yang ada di desa kiama ini, juga para siswa/Siswi sangat berterima kasih dan mendukung kegiatan pihak TNI khusus Koramil 08/Mlg Kodim 1312/Taluad," pungkasnya. 

Hadir dalam Pelaksannaan PLS yang dilaksanakan Koramil 08/Mlg, Danramil 08/Mlg, Lettu Inf Rudolf J. M., Kapolsek, Ipda Dedy F. Matahari, Kepsek SMAN. 2 Mlg didesa Kiama, 2 orang Guru Kelas, 3 orang Babinsa Koramil 08/Mlg, Siswa/siswi SMAN 2 Mlg didesa Kiama -+ 80 org.

Kegiatan PLS Koramil 08/Mlg di SMA 2 desa Kiama selesai tertib dan aman. 

#GP | Red.

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred