BUPATI IRDINANSYAH PROMOSIKAN TANAH DATAR DI AJANG APKASI OTONOMI EXPO 2019

JAKARTA.GP- Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se-Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2019 dibuka secara oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, Rabu (03/07) di Hall B Jakarta Convention Center Jakarta.

Apkasi Otonomi Expo yang diikuti seluruh pemerintah kabupaten se-Indonesia itu berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Juli 2019. Mengangkat tema, "Kemitraan Bisnis untuk Peningkatan Ekonomi Lokal Berkelanjutan", Apkasi bertekad meningkatkan penguatan otonomi daerah melalui trade, tourism and investment dengan menggerakkan semua sektor dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah.

Termasuk Kabupaten Tanah Datar, yang baru dinobatkan sebagai kabupaten Terbaik I Nasional dalam perencanaan pembangunan daerah dan mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 dari Presiden Joko Widodo kategori perencanaan dan pencapaian tingkat kabupaten beberapa waktu lalu.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi usai pembukaan Apkasi Otonomi Expo ini, saat mengunjungi stand pameran Tanah Datar di Hall A mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya membangun berbagai sektor seperti ekonomi, pariwisata, pertanian, Sumber Daya Manusia (SDM) dan sektor lain yang akan menunjang perbaikan daerah ke depan.

Saat berada di stand Tanah Datar ini bupati juga tidak sungkan-sungkan menyambut tamu-tamu yang berkunjung sembari mempromosikan pariwisata Tanah Datar dan menunjukkan produk unggulan Luak Nan Tuo tersebut. Salah satu tamu dari Bappeda Kabupaten Bengkalis yang menghampiri bupati, mengatakan jika berkeinginan berkunjung langsung ke Tanah Datar.

"Pak Bupati kami dari Kabupaten Bengkalis ingin belajar dan studi banding ke Tanah Datar, ingin melihat langsung proses perencanaan pembangunan daerah, apalagi Kabupaten Tanah Datar dinobatkan sebagai kabupaten terbaik pertama ditingkat Nasional, "ucapnya.

Bupati Irdinansyah Tarmizi sembari tersenyum menjawab jika pemerintah derah selalu terbuka bagi tamu-tamu yang datang yang ingin melihat langsung pembangunan daerah, melihat potensi daerah begitu juga dengan investor yang ingin berinvestasi di Tanah Datar.

Bupati juga menjelaskan jika Tanah Datar saat ini berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di samping terus membenahi sektor pariwisata, pertanian dan menggenjot perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan IKM yang ada.

"Di bidang peningkatan SDM kita berinovasi dengan program Gerbang Cerdas, dengan memberikan bantuan pendidikan bagi keluarga yang tidak mampu, tidak ada anak Tanah Datar yang tidak melanjutkan pendidikan karena terkendala biaya," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Zarratul Khairi mengatakan jika keikutsertakan Tanah Datar pada ajang Apkasi ini merupakan upaya dalam penguatan otonomi daerah dan mempromosikan potensi yang dimiliki, serta menggaet investor untuk menanamkan modalnya di Tanah Datar.

"Di samping peningkatan kualitas SDM, kita juga terus menggenjot sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, energi, pertambangan dan perekonomian," ucapnya.

Zarratul Khairi mengatakan pada ajang Apkasi Otonomi Expo kali ini stand Tanah Datar pamerkan berbagai produk dan kerajinan, seperti tenun songket, batik tanah liek, dakak-dakak, kawa daun, rendang ikan bilih, ikan bilih goreng, pangan, hasil perkebunan, energi terbarukan dan beberapa produk lainnya. 

#GP | CE

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred