Hari Lahir Pancasila Momentum Pemersatu Bangsa - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Hari Lahir Pancasila Momentum Pemersatu Bangsa

Minggu, Juni 02, 2019
JAKARTA.GP- Hari Kelahiran Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni haruslah menjadi satu momentum persatuan dan kesatuan bagi seluruh pihak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’aruf Cahyono mengatakan, Kelahiran Pancasila harus dimaknai dengan terus-menerus meningkatkan kontribusinya untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Khususnya bagi para ASN, nilai-nilai Pancasila harus menjadi inspirasi dan menjadi spirit dalam melaksanakan tugas sehari-hari, mendukung pelayanan di lembaga yang kita layani, baik MPR, DPR dan DPD,” jelas Ma’ruf usai memimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Kesetjenan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI, di halaman Gedung Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI yang dibacakannya, Presiden RI Joko Widodo berpesan bahwa memperingati Hari Kelahiran Pancasila setiap 1 Juni sebagai sebuah keniscayaan. Tidak hanya sebagai momentum untuk mengenang sejarah dimana para pendiri bangsa berhasil merumuskan nilai-nilai fundamental sebagai dasar negara melalui perumusan “Piagam Jakarta”, tetapi juga sebagai momentum kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Bertepatan dengan suasana Ramadan dan menjelang Lebaran, Ma’ruf menilai bahwa momentum tahun ini tepat berada di bulan uang sangat baik dan sarat akan nilai-nilai Ketuhanan. “Tentu implementasi dari Sila Pertama ada relevansinya dengan sila-sila yang lainnya. Oleh karena itulah, Hari Kelahiran Pancasila sekaligus hari di bulan Ramadan dapat memperkuat dan memperkokoh dari nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Berkaitan dengan konteks suasana politik saat ini, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menilai bahwa Pancasila juga harus bisa diamalkan oleh semua pimpinan bangsa dengan memberikan contoh dangan ucapan dan tindakan yang mementingkan kesatuan dan persatuan bangsa. Menurutnya hal ini menjadi penting, sebab masyarakat akan melihat dan meneladani sikap negarawan yang dicontohkan oleh para pemimimpin bangsa.

“Pancasila itu harus dilakukan karena memberi contoh, semua pimpinan memberi contoh dengan ucapan dan tindakan. Kalau kita ingin menegakkan sesuatu, misalnya law enforcement atau reward and punishment, orang nanti akan melihat konsistensi kita. Jadi saya kira sangat relevan, Pancasila untuk terus menerus digaungkan dan nilai-nilainya diamalkan bersama,” ungkap Indra.

Indra juga berharap Hari Kelahiran Pancasila terus-menerus dirayakan seluruh komponen bangsa dengan komitmen serius dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari hari. “Harapannya seluruh komponen bangsa bisa commit mengamalkan dan menjalankan kesatuan dan persatuan dengan sungguh-sungguh. Bukan hanya diucapkan dan diungkapkan di upacara, tetapi juga dalam tindakan. Termasuk pemimpin-pemimpin bangsa kita,” pungkas Indra.

#GP | Alw | Sf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS