Dandim 0104/Aceh Timur, Mari Jaga Negara Indonesia Agar Terus Berdiri Kekal Dan Abadi - Go Parlement | Portal Berita

Dandim 0104/Aceh Timur, Mari Jaga Negara Indonesia Agar Terus Berdiri Kekal Dan Abadi

Share This
Langsa(ACEH).GP- Pancasila merupakan ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta yakni Panca dan Sila. "Panca berarti lima dan Sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia," ngkap Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad kepada Tim Media Center, bertempat di Makodim Jalan Jenderal Ahmad Yani, Desa Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Sabtu (01-06-2019).

Lanjutnya lima sendi utama penyusun Pancasila adalah, "Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945," jelasnya.

Menurutnya, meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila, Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Selama 74 tahun Pancasila hadir menjaga keutuhan negeri, meski digempur tantangan berbeda dari zaman ke zaman, sekarang kita ada di sini. Berdiri tegak, dan berdaulat.

Jadi untuk itu, seperti halnya menyambut hari lahir orang-orang yang dicintai, hari lahir Pancasila juga penting untuk diperingati. Mungkin sulit untuk sepenuhnya dihayati, tapi paling tidak kita mengerti. Bahwa 1 Juni bukan sekedar seremonial hormat bendera. Lelah berdiri di tengah lapangan bisa lebih dimaknai. Beruntungnya kita punya fondasi. Entah gempuran radikalisme, fundamentalisme, dan isme lain di masa depan, rakyat dapat berlindung di bawah naungan lima sila dasar negara. Ada tempat kembali, saripati jati diri negeri, ingatnya.

"Saya berharap kepada masyarakat kota langsa dan khususnya Prajurit Kodim 0104/Atim, mari kita jaga negara Indonesia agar terus berdiri kekal dan abadi. Dan saya ucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila yang ke-74 tahun 2019," pungkasnya.


#GP | FIRMAN

No comments:

Post a Comment

Penghargaan dari DPN PPWI

Penghargaan dari DPN PPWI
PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred