Gempa 7,7 Skala Richter Mengguncang Donggala,Disusul Gelombang Tsunami - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Gempa 7,7 Skala Richter Mengguncang Donggala,Disusul Gelombang Tsunami

Sabtu, September 29, 2018


 

Donggala(SULTENG).GP- Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter yang mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/09 2018) sekitar pada pukul 18.02 Waktu Indonesia Tengah (WITA), membuat masyarakat di Sulseng sekitarnya menjadi panik.

Menurut BMKG, gempa bumi tersebut terjadi tepatnya di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Titik gempa berada di 27 kilometer timur laut Donggala, Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, BMKG merilis gempa bumi tersebut berpotensi tsunami, namun beberapa saat kemudian, pada pukul 17.36 WIB, peringatan potensi tsunami dicabut sementara.

Namun, sebuah video yang direkam warga setempat memperlihatkan gelombang tsunami menghantam sekitar Pantai Talise Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam video tersebut tampak jelas gelombang air laut tinggi menghantam pesisir Pantai tersebut. Warga yang berada di sekitar pun lari berhamburan. Video itu kini tengah viral di masyarakat.

Detik-detik gelombang air laut tinggi menghantam pesisir Pantai Talise
Dilansir dari siaran pers BKMG yang diterima goparlement.com, menggambarkan kalau gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Palu Koro.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (Slike-Slip).

Baca :Gempa Donggala: 1 Orang Meninggal Dunia dan 10 Luka-luka

Gelombang air laut tinggi menghantam pesisir Pantai Talise
BMKG menghimbau agar warga tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD setempat, serta informasi dari BMKG. Dan tetap waspada dengan gempa susulan yang pada umumnya kekuatannya semakin mengecil.

#GP- TIM REDAKSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS